NEWS
Trending

Mulan Jameela Nyanyiin Utang PLN

Mulan Jameela Nyanyiin Utang PLN

Listrik Indonesia | Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VII DPR RI dengan Direktur Utama PT PLN (Persero), Selasa (25/8/2020). Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra Mulan Jameela menanyakan soal utang PLN.

Mulan memaparkan merujuk laporan keuangan kuartal I-2020 PLN memiliki utang jangka panjang Rp537 triliun dan utang jangka pendek Rp157,79 triliun. Jadi, total utang PLN Rp694,79 triliun.  Ia juga mempertanyakan upaya PLN menjamin ketersediaan listrik tanpa adanya kenaikan tarif kepada masyarakat.

“Kita ketahui utang untuk membiayai proyek listrik 35.000 MW.  PLN melakukan pinjaman yang cukup besar untuk bangun pembangkit listrik,” katanya dalam rapat.

"Apa langkah yang dilakukan PLN untuk mengatasi dan membayar utang tersebut. Lalu bagaimana PLN menjamin ketersediaan listrik nasional tanpa harus menaikkan tarif listrik " sambungnya.

Menjawab Mulan Jameela, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menegaskan, bahwa pihaknya memahami kondisi dan akan menjaga kondisi keuangan PLN terjaga dengan baik.  Dengan bantuan DPR dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kelangsungan PLN akan terjaga sampai akhir tahun. Terlebih  pemerintah akan kembali membayar utangnya dalam waktu dekat.

"Dari Rp45 triliun utang pemerintah kepada kami PLN, Rp 7 triliun sudah dibayar, Rp 38 triliun mudah-mudahan di akhir Agustus ini, di awal September akan dibayar oleh pemerintah," jelasnya.

Soal kenaikan tariff listrik, ia  menyampaikan tidak ada kenaikan tarif listrik melainkan kenaikan penggunaan listrik oleh pelanggan.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button