Fossil Fuel

PLTD Di 2130 Lokasi Bakal Dikonversikan Ke EBT

PT PLN (Persero) menantang anak usahanya, PT Indonesia Power untuk turut membantu pemerintah dalam mengkonversikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ke Energi Baru Terbarukan (EBT). Sedikitnya, ada 2130 titik PLN dengan total kapasitas hingga dua gi Read More »
Ceremony

Jelang Beroperasi, PLN Gelar Uji Transmisi Bawah Tanah 150 kV di Makassar

PLN selesaikan pengujian tegangan tinggi terhadap jaringan transmisi bawah tanah bertegangan 150 kilo Volt (kV) di Makassar yang menghubungkan antara Gardu Induk (GI) 150 kV di Tanjung Bunga dengan Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV di Bontoala. Read More »
Business

Waduh, Penjualan listrik PLN Baru 62 Persen

Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo, penjualan listrik PT PLN (Persero) baru mencapai sekitar 62,3 persen. Padahal, PLN menargetkan penjualan listrik tahun ini hingga 255 TWh. Read More »
NEWS

Mencari Harga Keekonomian Listrik Energi Terbarukan, GeoDipa Beri Rekomendasi

Kendala pokok yang dihadapi para pengembang listrik panas bumi adalah masalah harga yang tidak pernah mendapatkan titik temu. Sebab, harga keekonomian proyek panas bumi sulit berkompetisi dengan Biaya Pokok Produksi (BPP) PLN di mana harga pembelian listr Read More »
Activity

Percepat Infrastruktur LNG, PLN GG Siap Berkolaborasi Dengan PGN

PLN Gas dan Geothermal (PLN GG), anak usaha PT PLN (Persero) mengaku siap berkolaborasi dengan sub holding PT Pertamina (Persero), yakni PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk percepatan penugasan dari pemerintah terkait Kepmen ESDM No. 13 tahun 2020. Read More »
Fossil Fuel

Transisi Energi Bersih, Ini Kata Wakil Dirut PLN

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan dominasi pembangkit dari energi fosil disebabkan selama 2014—2022, pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) menjadi prioritas perseroan sebagai upaya untuk mengatasi defisit pasokan listrik d Read More »
Event

Bertahap, Kendaraan Listrik Jadi Kendaraan Dinas Pemerintah

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) akan meminta instansi pemerintahan untuk mengganti kendaraan dinas operasional (KDO) dengan kendaraan listrik, khususnya Kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Read More »
Ceremony

Industri Baja Cilegon Semakin Kokoh Disuntik Gas PGN

Industri baja di Cilegon semakin agresif karena mendapatkan pasokan gas dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Kemarin, PGN berhasil memasok gas pertama kali (gas in) kepada lima pelanggan yang notabene industri baja dan logam di Cilegon. Read More »
ENERGY PRIMER

UU Cipta Kerja Dianggap Bakal Memperburuk Oversupply Listrik

Sejumlah serikat pekerja di sektor kelistrikan seperti SP PLN Persero, PP Indonesia Power, SP PJB, SPEE-FSPMI, dan Serbuk Indonesia Menolak Pemberlakuan UU Cipta Kerja. Sebab, UU ini dianggap akan memperburuk oversupply daya di tanah air. Read More »
Activity

Kejar EBT 23 % Pada 2025, Kemenperin Genjot Industri Hijau

Pemerintah mengaku optimis bisa mencapai target 23 persen Energi Baru Terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional di 2025 sebagaimana amanat Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Salah satu langkahnya, pemerintah akan menggenjot kalangan industri untuk me Read More »
Renewable Energy

Kejar Target 23 Persen, Badan Pengelola EBT Perlu Dibentuk

Pemerintah melalui Kementerian ESDM diminta membentuk badan pengelola Energi Baru Terbarukan (EBT). Hal ini diperlukan untuk mengejar target penggunaan EBT hingga 23 persen pada 2025. Read More »
NEWS

Menyoal Captive Power, Akademisi Ini Dorong Revisi Regulasi IPP

Akademisi Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi mendorong pemerintah untuk merevisi regulasi yang mewajibkan PLN membeli listrik swasta (Independen Power Produce/IPP). Hal ini diperlukan karena saat ini PLN mengalami surplus daya yang cukup banyak. Read More »
Back to top button