Fossil Fuel ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Pakar Minyak ITB, Prof. Tutuka, Kian Dekat ke Posisi Dirjen Migas

Pakar Minyak ITB, Prof. Tutuka, Kian Dekat ke Posisi Dirjen Migas

Listrik Indonesia | Sekitar 1 tahun, posisi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih kosong. Namun, Kementerian ESDM sedang melakukan fit and proper calon Dirjen Migas dari berbagai kalangan baik pekabat karier ESDM maupun akademisi dari kampus.

Berdasarkan informasi, proses seleksi dan fit and proper test telah rampung.

Nama Guru Besar Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung Tutuka Ariadji santer disebut bakal mengisi posisi tersebut, setelah lebih setahun tak terisi. Tutuka menggantikan Djoko Siswanto yang dicopot jabatannya oleh Menteri ESDM kala itu, Ignasius Jonan.

Prof. Tutuka Ariadji merupakan pakar minyak dari ITB.

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto membeberkan jika dirjen migas definitif akan ditetapkan dalam waktu dekat. Menurut informasi yang ia terima, Kementerian ESDM menginginkan figur yang andal dan berintegritas, memiliki pengetahuan serta jaringan yang luas di sektor ini.

Tantangan hulu migas saat ini sangat kompleks. Pemerintah perlu menunjuk figur mumpuni untuk memacu eksplorasi dan produksi di tengah merosotnya cadangan minyak nasional. "Saya dengar di awal–awal bulan ini sudah tuntas, sidang tim penilai akhir telah digelar," kata dia kepada Katadata.co.id.

Sebagai informasi, Tutuka lahir di Solo pada 26 Agustus 1964. Ia merupakan lulusan Sarjana Teknik Perminyakan ITB dan menempuh pendidikan pada 1983 hingga 1988.

Pria yang akrab disapa Aji itu kemudian meraih gelar Master of Science Petroleum Engineering di Texas A&M University, Texas (1991–1994). Lalu mendapat gelar Doctor of Philosophy Petroleum Engineering di Texas A&M University, Texas (1994–1996).

Dalam berorganisasi, ia sempat menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) 2016 sampai 2019. Posisinya kemudian digantikan oleh Direktur Perencanaan Strategi dan Pengembangan Bisnis Subholding Hulu Pertamina John H Simamora.

Dalam memilih dirjen migas yang baru, Kementerian ESDM melakukan seleksi jabatan. Terdapat delapan kandidat yang lolos seleksi administrasi.

Berdasarkan dokumen yang diterima Katadata.co.id pada 5 Agustus lalu, kedelapan orang itu adalah Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso, dan Kepala Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM Eko Budi Lelono.

Selanjutnya, Kepala Biro Perencanaan pada Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Harya Adityawarman, Anggota komite BPH Migas Muhammad Ibnu Fajar, dan Direktur Bahan Bakar Minyak (BBM) BPH Migas Patuan Alfon Simanjuntak.

Lalu, Staf Ahli Bidang Investasi dan Pengembangan Infrastruktur Kementerian ESDM Prahoro Yulijanto. Terakhir, Guru Besar Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung Tutuka Ariadji.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button