NEWS
Trending

Pelangi 46 Tahun Perjalanan Karir Prof. Ngapuli Irmea Sinisuka


Listrik Indonesia | Bagi sebaian besar masyarakat ketenagalistrikan di Indonesia, pasti mengenal Prof. Dr.Ing. Ir. Ngapuli I Sinisuka. Eksisetensi dan konsistensi pria yang akrab disapa Prof Ngapuli ini tak terbantahkan sektor kelistrikan. Tak sampai disitu, pepatah “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari” hadir dalam kesehariannya dalam memberikan ilmu kepada para “anak didik” di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB Bandung, berhasil melahirkan talenta lulusan ketenagalistrikan yang sanga mumpuni.

Prof Ngapuli memulai perjalanan karir dengan sebuah tekad untuk menjadi terbaik. ITB menjadi satu-satunya tujuan saat keputusan berpisah dengan keluarga di Medan dibuatnya pada tahun 1969. Menjadi dosen setelah lulus sarjana tahun 1974 adalah pilihannya untuk mengejar mimpi menjadi seorang doktor. Kesempatan emas telah membawanya hingga ke Institute National Polytechnique, Grenoble, Perancis yang dirampungkannya pada 1978

Selanjutnya, ijazah pendidikan S3 atau gelar doktor diraihnya dari Universite Paul Sabatier-Toulouse III, Toulouse, Perancis . Hal ini sekaligus menjadi gerbang baru bagi Prof Ngapuli ikut mengantarkan Indonesia untuk membangun sistem ketenagalistrikan.

Kini, Prof Ngapuli memasuku masa persiapan purna bakti, setelah mengabdi selama 46 tahun sebagai tenaga pendidik di ITB Bandung dengan menorehkan segudang prestasi akademik dan anak didik di sektor kelistrikan. Untuk memberikan apresiasi dan penghormatan atas dedikasi Prof Ngapuli, sejumlah civitas akademi ITB Bandung, para alumni, dan tokoh kelistrikan di Tanah Air, menggelar YoBerbagi The Last Lecture Pelangi Perjalanan Prof Ngapuli Irmea Sinisuka, melalui platform Zoom dan Youtube Live, Sabtu (26/9/2020).

Prof Ngapuli memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para panelis digelaran YoBerbagi The Last Lecture Pelangi Perjalanan Prof Ngapuli Irmea Sinisuka dalam rangka masuknya saya ke masa purna bakti. “Begitu banyak kenangan yang saya alami. Dimana, Anda-anda ini bukan berasal dari satu angkatan. Hal ini mewakili berbagai pendapat waktu ke waktu selama saya menjadi dosen ITB. Semoag hubungan tetap kekal adanya dan silaturahmi kita tetap berlangsung dengan baik,” ujar Ngapuli.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button