Brand CORPORATION NEWS
Trending

Pembangkit EBT di Jabar, Bukti Transformasi Pilar 'Green' PLN

Pembangkit EBT di Jabar, Bukti Transformasi Pilar 'Green' PLN
Pekerja PLN di Proyek PLTA Jarigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat [Foto: Dok. LISTRIK INDONESIA)

Listrik Indonesia - Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede 2 x 25 Mega Watt (MW) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar), salah satu bukti komitmen tranformasi PT PLN (Persero). Dalam hal ini khususnya pilar green.

Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan (EBT) PT PLN (Perseroa) M. Ikhsan Asaad mengungkapkan hal tersebut saat meninjau langsung progres pembangunan PLTA Jatigede, Minggu, 4 April 2021. 

PLTA yang pengerjaannya telah mencapai 85 persen ini memanfaatkan sumber daya energi baru terbarukan (EBT). 

Menurut Ikhsan, selain PLTA Jati Gede, PLN juga membangun beberapa proyek pembangkit listrik berbasis EBT di Jabar.

"PLN sangat mendukung pencapaian target program energi terbarukan 23% pada 2025. Selain PLTA Jatigede, kami akan terus menggenjot penyelesaian program-program EBT lainnya di Jawa Barat," sebut Ikhsan. 

BACA JUGA: Ketahanan Energi, Menteri ESDM: Konversi PLTD ke Pembangkit EBT

Proyek dimaksud, di antaranya, PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4 x260 MW di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur, dan PLTP Tangkuban Perahu 3 x 20 MW di Kabupaten Subang.

Total pembangkit listrik green energy di Jabar yang akan dibangun PLN sebesar 1.210 MW [sumber data RUPTL PT PLN (Persero) Tahun 2019-2028].


Empat Pilar

Transformasi PLN menekankan empat pilar: lean, green, inovatif, dan customer focused. Masing-masing pilar mewakili cita-cita besar. 

Lean bermakna ramping. PLN hendak menjadi perusahaan yang efisiensi, dalam rangka menghadapi tantangan yang semakin kompleks di masa mendatang.

Green berarti ramah lingkungan. Ini adalah juga cita-cita masyarakat global yang ingin mengubah penggunaan energi ke EBT. Dasarnya, kondisi bumi sudah sedemikian memprihatinkan. 

Era kendaraan listrik telah dimulai. Hal ini tanda peradaban baru yang sangat bergantung pada listrik. Bukan hanya ketersediaan pasokan, tetapi juga proses pendistribusian. 

BACA JUGA: Medco Siap Ekspansi ke Pembangkit EBT dan Kendaraan Listrik

Inovatif dipahami sebagai peka terhadap perubahan. PLN bertekad memiliki kepekaan untuk terus berinovasi agar terus semakin baik. Memunculkan kebaruan dan terus bertumbuh.

Costumer Focused adalah prioritas kerja PLN. Pelanggan adalah raja. Pelayanan optimal dan kesanggupan untuk mencukupi kebutuhan pelanggan atas energi menjadi prioritas utama.

PLN berupaya menjadi perusahaan energi masa depan. Kecenderungan masyarakat dunia untuk mengurangi energi fosil dengan sendirinya akan menempatkan listrik sebagai primadona. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button