Pembangkit Listrik Tenaga Kincir Angin Universitas Negeri Malang Cocok untuk Tambak dan Persawahan

Pembangkit Listrik Tenaga Kincir Angin Universitas Negeri Malang Cocok untuk Tambak dan Persawahan
Listrik Indonesia | Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM) membuat Pembangkit Listrik Tenaga Kincir Angin bisa digunakan untuk kebutuhan listrik tambak ikan dan persawahan.

Sub Koordinator Program LPPM UM, Yusniawati, S.Pd menjelaskan, Pembangkit Listrik Tenaga Generator Kincir Angin yang dipamerkan di InaRI Expo 2022 memiliki daya 300 watt. 

"Kapasitas daya listrik bisa ditambah sesuatu permintaan dari Customer," ujarnya kepada Listrik Indonesia. Sabtu, (29/10/2022).

Adapun spesifikasi dai pembangkit listrik ini, kincir angin terbuat dari plat berbentuk spiral tujuannya untuk bisa menangkap daya angin lebih optimal. Selain itu, dilengkapi dengan generator dan sistem controller, serta storage.

"Controller ini untuk mengontrol daya listrik yang tersimpan agar tidak terjadi beban berlebih, sehingga turbin dan generator tetap aman  disaat pembangkit listrik ini beroperasi," jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, pembangkit listrik tenaga generator kincir angin ini bisa dikombinasikan dengan panel surya. Biasanya cocok digunakan untuk kebutuhan listrik tambak ikan maupun persawahan.

"Bisa untuk kebutuhan listrik sistem perairan persawahan dan tambak. Harga untuk pembangkit listrik ini berkisar 7 juta rupiah,"ungkapnya.
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index