Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Pemda Banjarnegara Sambut GeoDipa dan ADB Kembangkan Panas Bumi

Pemda Banjarnegara Sambut GeoDipa dan ADB Kembangkan Panas Bumi
Listrik Indonesia | Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banjarnegara, Syamsudin, menerima Koordinator Program Energi Indonesia, Asian Development Bank (ADB), Florian Kitt, beserta Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) (“GeoDipa”), Riki Firmandha Ibrahim, Supriadinata Marza, di Rumah Dinas Bupati Banjarnegara (10/03). Pertemuan tersebut membahas mengenai pembangunan proyek Panas Bumi yang tengah dilakukan oleh BUMN GeoDipa.

Menurut Syamsudin, dirinya bersama dengan Forkompinda Kabupaten Banjarnegara berterimakasih atas mendorong pembangunan Panas Bumi yang termasuk program 10ribu MW Tahap 2 di masa lalu, “Kami akan membantu semampu kami agar program strategi nasional untuk pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Dataran Tinggi Dieng, Geothermal, dapat segera terealisasi dan bermanfaat untuk negeri.” 

Samsudin mengungkapkan bahwa hal tersebut juga perlu sejalan dengan pengembangan Banjarnegara, “Secara khusus tentu kami bermimpi juga, agar Banjarnegara yang memperoleh karunia tuhan yang maha kuasa ini memperoleh, merasakan, dan bisa menikmati dengan sebenarnya, keberadaan potensi energi terbarukan panas bumi yang luar biasa itu. Sehingga para bapak-bapak sekalian, komitmen kami kabupaten Banjarnegara, membantu di jalur yang mana kami dapat melakukan pekerjaan itu,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama GeoDipa siap membantu memajukan Banjarnegara, khususnya masyarakat Dieng yang sudah menjadi bagian dari rencana pengembangan perusahaan, “Kami senang mendapatkan dukungan penuh dari Pemda bersama Forkompinda, dan saya yakin kita telah membangun komunikasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan maupun dengan ADB untuk memajukan Geothermal dan Banjarnegara.” 

Dirinya berharap komunikasi ini dapat berlangsung terus hingga pengembangan Panas Bumi di Dieng dapat secara optimal dilakukan sesuai dengan potensinya yaitu 400 MW. 

Sejalan dengan hal itu, Perwakilan ADB, Florian Kitt, berjanji untuk terus memastikan pengembangan Panas Bumi di Dieng, dapat berjalan sesuai waktu yang ditentukan, “Kami akan menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan, serta membina hubungan yang bermanfaat ini. Kami juga berterimakasih juga karena bisa belajar banyak mengenai Banjarnegara.” 

Florian menambahkan bahwa semangat ini sesuai dengan misi lembaganya untuk membangun infrastruktur yang mupuni bagi pengembangan Indonesia secara umum maupun Banjarnegara secara khusus, “Kami sangat senang dengan dukungan anda, memang ADB ingin memastikan bahwa kami ingin membangun infrastruktur yang baik di Banjarnegara ini, dan itu tidak bisa terjadi tanpa bantuan Bapak-bapak,” ujarnya.

Menurut Florian komunikasi dengan Pemerintah daerah seperti ini, dapat membuka peluang Kerjasama baru baik dibidang energi maupun dalam program lain yang dapat didukung oleh ADB seperti penerangan, agrikultur dan irigasi. “ADB tidak hanya di bidang energi tetapi juga bidang lain seperti transportasi, dan smart city. Bapak bisa mendiskusikannya dengan Kementerian ESDM,” penjelasannya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri beberapa perangkat Pemda Banjarnegara seperti Komandan Distrik Militer Banjarnegara 0704 Banjarnegara, Sekertaris Daerah, Inspektur Daerah, Kepala Bagian Operasi Polres Banjarnegara dan Asisten Sekretaris Daerah. Sementara dari GeoDipa beberapa perwakilan lain yang hadir adalah General Manager Proyek bersama Manajer Proyek Dieng.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button