NEWS
Trending

Pemerintah Cek Kesiapan Pasokan Premium di Jamali

Pemerintah Cek Kesiapan Pasokan Premium di Jamali
Listrik Indonesia |  Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, pihaknya telah melakukan investigasi di tiga wilayah yang menjadi jalur mudik Lebaran 2018, adalah Banten, Jawa Barat dan Yogyakarta terkait pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium.

Pasalnya, wilayah tersebut tak perlu risau akan jaminan pasokan BBM Premium, sebab Kementerian ESDM telah menginvestigasi di wilayah tersebut.

Hal tersebut ditunjukkan oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan yang didampingi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati beserta jajaran secara langsung melakukan peninjauan kesiapan pengamanan stok BBM di jalur mudik darat mulai dari Jakarta hingga Semarang Sabtu, 2 Juni 2018 dan dilanjutkan pada Minggu, 3 Juni 2018 ke Surabaya.

Selain beberapa SPBU di sepanjang jalur pantura, salah satu obyek vital yang ditinjau adalah Terminal BBM (TBBM) Cikampek.

TBBM yang beroperasi tahun 2006 tersebut memiliki 12 tangki penyimpanan dengan total kapasitas lebih dari 88 ribu Kilo Liter (KL). TBBM tersebut sangat strategis sebagai penyuplai BBM Premium, Solar, Pertalite, dan Pertamax cs untuk wilayah Bekasi, Karawang, Purwakarta dan Subang.
Menteri Jonan meminta Pertamina meningkatkan koordinasi antar wilayah agar lebih fleksibel dalam mengantisipasi keamanan pasokan BBM.

"Pertamina MOR 3, 4 dan 5 (Marketing Operation Region Jabar, Jateng dan Jatim) perlu ada komando dari (Pertamina) pusat agar bisa fleksibel dalam strategi pengaturan pasokan BBM. Karena ini pertama kali jalan tol trans Jawa selesai, dan dipakai mudik," ungkap Jonan di TBBM Cikampek, akhir pekan lalu.

Jonan menyarankan agar Pertamina dapat menempatkan mobil dispenser BBM di terminal bus tipe A yang tempatnya memadai.

Seperti diketahui TBBM Cikampek menyuplai BBM untuk sekitar 243 SPBU di 4 wilayah. Mayoritas atau 55% diantaranya untuk suplai wilayah Bekasi. Selebihnya wilayah Karawang sekitar 24% dan wilayah Subang dan Purwakarta masing-masing sebesar 13% dan 8%.
Selain itu, TBBM Cikampek juga menyuplai BBM untuk nelayan, industri dan Polri/TNI di wilayah tersebut.

Sebelum ke TBBM Cikampek Jonan beserta jajaran juga sempat meninjau SPBU di rest area tol Cikampek kilometer 57.

Sementara dalam keterangan tertulisnya, Staf Ahli Menteri (SAM) Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Dadan Kusdiana mengatakan, Sabtu dan Minggu ini, Menteri ESDM melakukan pengecekkan di sepanjang jalan tol Jakarta - Surabaya.

M1 juga menurunkan tiga tim secara terpisah di Banten/Jawa Barat, DIY/Jateng dan Jatim untuk secara khusus memastikan penyaluran premium paska diterbitkannya Perpres 43/2018 yang mengamanatkan penyediaan BBM Jenis Penugasan (Premium) di Jawa, Madura dan Bali (Jamali).

"Hasil pengecekan kami, ada 54 tambahan SPBU untuk menyediakan premium di Banten. Tiga hari kedepan ditargetkan sudah mulai berjalan," papar Dadan.

Dikatakan olehnya, sebanyak 54 SPBU tersebut, imbuh Dadan, merupakan bagian dari 571 tambahan SPBU di Jamali yang akan menyalurkan Premium. Sehingga jumlah SPBU yang akan menyalurkan Premium di Jamali meningkat dari 1519 SPBU menjadi 2090 SPBU.

Hal tersebut juga merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, yang mengharuskan penyediaan BBM jenis Premium di Jamali. (RG)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button