NEWS
Trending

Pemerintah Meminta Pengusaha Batu Bara Lakukan Hilirisasi

Pemerintah Meminta Pengusaha Batu Bara Lakukan Hilirisasi
Listrik Indonesia | Kementerian Energi  Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta agar pelaku usaha batu bara melakukan hilirisasi, sementara Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) mengklaim sudah menerapkan konsep hilirisasi. Jakarta, Rabu, (19/10).

Menteri ESDM, Ignasius Jonan menilai, untuk nasib batu bara kalori rendah dalam beberapa bulan terakhir kondisinya tidak baik potensi bisnisnya, harganya pun menurun. Batu bara dengan kadar 4000 kcal yang diproduksi di Indonesia penjualan sangat tergantung oleh luar negeri, sehingga harga sulit diprediksi. Ketika harga turun pengusaha hanya dapat melakukan efisiensi.

Karena itu, sektor batu bara harus membuat inovasi, semisal dengan membangun pembangkit listrik mulut tambang dan konversi lainnya. Hal ini berkaca pada negara-negara yang sudah melakukan inovasi, seperti China batu bara diubah menjadi avtur.

“Melakukan langkah hilirisasi sangat penting untuk masa depan energi kita,” ucapnnya.

Di lain pihak, Pandu P Sjahrir, Ketua Umum APBI mengatakan, bahwa hilirisasi sudah dilakukan oleh beberapa anggotanya yakni perusahaan batu bara. Akan tetapi, hilirisasi baru dilakukan hanya sebatas membangun  pembangkit listrik mulut tambang. Menurutnya, hilirisasi sangat erat kaitannya dengan investasi, namun dengan adanya perubahan regulasi cenderung akan membuat para pengusaha menahan investasi.

“Kami ingin melihat pasarnya terlebih dahulu, lalu harga dan kebijakan. Jika ini semua ada, pasti kita akan mengikuti pasar ini,” ungkap Pandu. (GC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button