NEWS
Trending

Pemerintah Perkenalkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan

Pemerintah Perkenalkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan
Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana Lakukan uji coba SPBKLU (Doc: KESDM

Listrik Indonesia | Pemerintah meluncurkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk pertama kalinya yang berlokasi di Ditjen Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan bahwa dalam tahap pertama stasiun pengisian listrik itu masih terbatas untuk kendaraan listrik roda dua.

“Kami memperkenalkan keberadaan percontohan SPBKLU di kantor Ditjen Ketenagalistrikan. Sebagai tahap awal, SPBKLU ini hanya digunakan untuk kendaraan bermotor listrik roda dua," ujarnya, Senin (31/8).

Rida mengendarai sepeda motor listrik dan melakukan penukaran baterai sepeda motor listrik melalui SPBKLU yang terpasang di halaman Ditjen Ketenagalistrikan. Selanjutnya, mengambil baterai yang hampir kosong dari motor, melakukan scan barcode di SPBKLU, menaruh baterai di SPBKLU dengan prototype aplikasi yang dibuat oleh Ezyfast, mengambil baterai yang sudah terisi dari SPBKLU, dan memasangnya kembali ke kendaraan bermotor listrik. Proses penukaran baterainya membutuhkan waktu sekitar tiga hingga lima menit.

Kecepatan dan kemudahan penukaran baterai inilah yang menjadi terobosan penting dalam pengembangan kendaraan bermotor listrik. Pendapat senada dikemukakan Head of EV Business PT Grab Indonesia, Stephanus Widi.

"Saya senang sekali. Pada saat kami uji coba menggunakan motor listrik, yang terjadi adalah lama untuk charge-nya. Dengan adanya SPBKLU ini, bisa cepat ganti baterai. Waktu lebih singkat dan mitra kami bisa lebih cepat dapat order. Kami harap (SPBKLU) ini ada di mana-mana," ujar Stephanus Widi.

Adanya uji coba ini turut menunjukkan langkah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam menekan emisi gas buang karbon. Yaitu dengan cara mendukung proses percepatan kendaraan listrik lewat penyediaan pertukaran baterai.

"Salah satu kendala motor listrik adalah charging-nya. Bagaimana kalau listriknya habis? Alhamdulillah hari ini dengan adanya SPBKLU jadi memudahkan orang untuk beralih ke kendaraan listrik, sehingga udara Jakarta lebih bersih," papar Direktur Mega Project & EBT PT PLN (Persero) M. Ikhsan Asaad. (Zc)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button