NEWS
Trending

Pemerintah Siap Jalankan Skema ETM Tahun Ini

 

Listrik Indonesia | Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan implementasi dari mekanisme transisi energi (Energy Transition Mechanism/ETM) bisa berjalan pada tahun ini.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, salah satu penggunaan ETM yaitu untuk memensiunkan dini pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU. "Pada 2022, Indonesia telah meluncurkan ETM country platform. Pada 2023, Indonesia akan mulai mengimplementasikan ETM," kata Sri Mulyani saat bertemu dengan Duta Besar Denmark di kantornya belum lama ini.

ETM diluncurkan dalam rangka mendukung target menuju emisi nol bersih alias net zero emission yang dimulai sejak akhir 2021 lewat kerja sama dengan Bank Pembangunan Asia (ADB) dalam acara COP26 di Glasgow.

Ia menjelaskan, skema ETM ini terbagi menjadi dua. Pertama, skema pembangunan fasilitas energi hijau. Kedua,  skema untuk pensiun dini PLTU batu bara. ETM ini akan didanai melalui bentuk pembiayaan campuran alias blended finance. Pembiayaannya akan berasal dari berbagai sumber mulai dari lembaga pemerintah, bank pembangunan, bank komersial perusahaan asuransi hingga lembaga filantropi. Pembiayaan itu akan dikelola oleh country platform, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

“Menjalankan skema ini bagaimana agar ETM yang kita lakukan bisa dilakukan secara kredibel dan berkelanjutan. Keduanya harus siap secara fundamental dan finansial agar ETM Indonesia bisa berkelanjutan,”pungkasnya.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button