NEWS
Trending

Pemkot Yogyakarta Bersihkan Kabel Semrawut di Simpang Tugu

Pemkot Yogyakarta Bersihkan Kabel Semrawut di Simpang Tugu
Kabel udara di Simpang Tugu Yogyakarta akan direlokasi ke bawah tanah. (foto: istimewa)
Listrik Indonesia | Pemerintah Kota Yogyakarta akan merelokasi kabel udara yang membuat kota istimewa itu semrawut. Nantinya, kabel udara ini akan dipindahkan ke bawah tanag dengan sistem ducting. Salah satu titik prioritas pemindahan kabel udara ini adalah Simpang Tugu Yogyakarta.

“Pembangunan saluran kabel bawah tanah ditargetkan selesai tanggal 15 Oktober 2020 sehingga kabel listrik PLN bisa diturunkan pada 21 Oktober,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana, di Yogyakarta, Senin (12/10).   

Saat ini, pihaknya tengah mengebut pekerjaan ducting di kawasan prioritas. Di simpang Tugu Yogyakarta akan dibangun 140 meter dari sisi timur ke barat dan sejauh 120 meter dari sisi selatan ke utara. 

“Ini dilakukan untuk membersihkan wajah ikon Yogyakarta dari kabel udara. Tidak hanya dilakukan untuk kabel listrik PT PLN saja tetapi juga dilakukan untuk kabel "fiber optic" dari sejumlah provider selular,” katanya.

Dalam pengerjaan proyek ini, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta untuk manajemen lalu lintas saat dilakukan pekerjaan. Tak hanya di kawasan Tugu ducting kabel fiber optik juga dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman dari Jembatan Gondolayu ke arah barat atau ke arah Tugu.

Hingga pekan ini, perkembangan pekerjaan penataan Simpang Tugu mencapai sekitar 20 persen, dan revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman mencapai sekitar 12 persen karena kontrak untuk pekerjaan tersebut baru dilakukan sekitar satu bulan lalu. (pin)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button