NEWS
Trending

Pengamat : Pemda Perlu Tingkatkan Investasi EBT

Pengamat : Pemda Perlu Tingkatkan Investasi EBT
Listrik Indonesia | Pemerintah Daerah (Pemda) perlu meningkatkan investasi ke sektor energi, khususnya energi baru dan terbarukan (EBT).  Sejumlah pengamat pelayanan publik dan peneliti, seperti Ropiudin, dari Universitas Jenderal Soedirman, mengatakan, akses masyarakat ke energi yang handal dan harga energi terjangkau, sangat penting untuk meningkatkan standar kehidupan masyarakat.

Ropiudin, mengatakan,  sektor energi adalah salah satu elemen penting dalam ekonomi baik di daerah ataupun secara nasional. Pemanfaatan dan permintaan terhadap energi juga terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk. Untuk itu, pengembangan potensi energi, termasuk EBT seperti energi surya, air, angin, geothermal, maupun biomassa bisa dimanfaatkan sebagai peluang investasi.

Sejumlah daerah, kini juga sudah mulai memanfaatkan investasi dan pengembangan EBT. Di antaranya DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Penggunaan EBT dipercaya lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi atau limbah hasil produksi. Untuk itu, rencananya, Pemda DKI akan melakukan pemasangan PLTS Rooftop di seluruh gedung milik Pemprov DKI Jakarta yang rencananya akan selesai pada tahun 2022 mendatang. 

Selain Jakarta, daerah lain juga juga gencar mengembangkan EBT, diantaranya Bali.  Gubernur Bali, I Wayan Koster, berkomitmen  menerapkan  EBT di provinsi tersebut. Komitmen tersebut terlihat dari keluarnya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih. Selain itu, Bali juga  menerbitkan Pergub Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang keduanya saling terkait.

Menurut Koster, kedua Peraturan Gubernur (Pergub) tersebut bisa mempercepat upaya melindungi dan memperbaiki alam lingkungan Bali beserta segala isinya. Semangat utamanya, menjamin pemenuhan kebutuhan energi di Bali secara mandiri, ramah lingkungan, berkelanjutan. (AB)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button