AGENDA NEWS POWER TECH
Trending

Penggunaan USC pada PLTU Masuk Peta Jalan

Penggunaan USC pada PLTU Masuk Peta Jalan
Listrik Indonesia | Penggunaan teknologi Ultra Super-critical (USC) pada PLTU berkapasitas besar sangatlah penting untuk efisiensi bahan bakar pembangkit dan mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) USC pada PLTU masuk dalam peta jalan (road map).

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar menyebutkan, penerapan teknologi USC telah masuk dalam peta jalan (road map) penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) dari sektor energi.

“Bukan sebagai standar, tapi semacam roadmap penggunaan PLTU di Indonesia,” ungkapnya, baru-baru ini.

Adapaun pemasangan USC pada PLTU USC saat ini antara lain, PLTU Jawa 9 & 10, PLTU Jawa Tengah (Batang), dan PLTU Jawa 4 (Tanjung Jati B), kesemuanya berstandar negara-negara maju dalam OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development).

Teknologi USC dinilai termasuk Clean Coal Technology (CCT) yang dapat menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) karena memiliki efisiensi sebesar 40 persen. USC juga  menghasilkan intensitas emisi GRK lebih rendah dari PLTU lainnya, seperti PLTU Subcritical dan PLTU Supercritical. (Cr)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button