AGENDA ENERGY PRIMER MEGA PROJECT NEWS POWER TECH
Trending

Peran PLN Di Energy Storage

Peran PLN Di Energy Storage

Listrik Indonesia | Dalam waktu dekat ini Pemerintah bakal membentuk holding baterai untuk kendaraan listrik (Indonesia Holding Battery) dengan tujuan mengembangkan industri baterai electronic vehicle (EV) di Indonesia dari hulu sampai hilir.

Holding baterai kendaraan listrik akan berisi 4 perusahaan BUMN raksasa yakni MIND ID atau PT Inalum (Persero) selaku Holding BUMN Pertambangan, PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. Pembentukan holding itu direncanakan akan terealisasi pada Semester I-2021 ini. Lalu bagaimana peran PLN di Energy Storage ini ?

PLN terus mempersiapkan diri mendukung ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia. PLN, Darmawan Prasodjo menyebutkan peran PT PLN dalam penugasan Kementerian ESDM dalam BUMN Holding Indonesia Battery akan berada di sisi hilir. Di mana PLN akan berperan sebagai distributor dan memanfaatkan produk midstream berupa cell dan pack baterai akan dimanfaatkan PLN untuk membuat dan menyediakan infrastruktur penyimpanan energi (energy storage).

Tak hanya menyediakan sumber energi listrik saja, baru-baru ini PLN eluncurkan aplikasi Charge.IN. Inovasi PLN ini digunakan sebagai aplikasi charging yang pertama pada SPKLU bagi konsumen pemilik KBLBB.

“Aplikasi ini terbukti dapat berfungsi dengan baik, dan ke depannya PLN terus berupaya lakukan pengembangan demi memberikan pelayanan yang terbaik,” ucap Wadirut PLN.

Darmawan Prasodjo memproyeksikan, ke depan 80% pengisian daya kendaraan listrik akan dilakukan di rumah, bukan di SPKLU. Karena itu, PLN memberikan diskon bagi para pelanggannya. Besarnya persentase pengecasan di rumah itu menunjukkan upaya untuk menggairahkan hadirnya kendaraan listrik.

Menurutnya, harga listrik normal adalah Rp1.469 per kWh. Namun dengan adanya diskon, maka pelanggan cukup membayar kurang lebih Rp1.000 per kWh. “Ada stimulus untuk kendaraan listrik. Perubahan daya, insentif diskon, dan berikan kemudahan lain. Ini bagian dari pelayanan PLN untuk masyarakat juga peranya di industry energy storage,” jelasnya. (Cr)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button