Activity CORPORATION Fossil Fuel ENERGY PRIMER Power Plant MEGA PROJECT NEWS
Trending

Percepat Infrastruktur LNG, PLN GG Siap Berkolaborasi Dengan PGN

Percepat Infrastruktur LNG, PLN GG Siap Berkolaborasi Dengan PGN
Direktur Utama PT PLN GG Mohamad Riza Affiandi di lokasi proyek pembangungan infrastuktur gas.

Listrik Indonesia | PLN Gas dan Geothermal (PLN GG), anak usaha PT PLN (Persero) mengaku siap berkolaborasi dengan sub holding PT Pertamina (Persero), yakni PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk percepatan penugasan dari pemerintah terkait Kepmen ESDM No. 13 tahun 2020. Dalam hal ini, PGN dan PLN telah sepakat akan membangun infrastruktur Liquefied natural gas (LNG) di 52 pembangkit listrik milik PLN.

“PLNGG siap berkerja sama dan berperan aktif dengan Pertamina Grup (PGN) untuk melakukan percepatan penyiapan infrastruktur gas. Dengan pengalaman PLNGG saat ini yang telah berhasil mengoperasikan FSRU Amurang dan Pembangunan Pipa Gas Tanjung Batu, PLNGG sangat yakin akan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan infrastruktur gas Indonesia bersama dengan Pertamina Grup (PGN),” ujar Direktur Utama PT PLN GG Mohamad Riza Affiandi saat dihubungi listrikindonesia.com, Kamis (08/10).

Saat ini, pihakmya sedang menunggu penugasan dari Holding PLN agar bisa berkolaborasi dengan PGN. Dia menuturkan, PLN GG telah memiliki banyak pengalaman dalam penyediaan gas untuk pembangkit milik PLN. Seperti pembuatan infrastruktur pipa untuk PLTGU Tanjung Batu Kalimantan Timur dan Gasifikasi MPP Flores.

“Selain FSRU Amurang dan Pembangunan pipa gas Tanjung Batu 48 kms bagi gasifikasi pembangkit sub sistem di Samarinda, juga rencana pembangunan CNG Bangkanai2 di Kalteng. Saat ini, kami juga sudah mengkaji  studi feasibility dan keekonomian beberapa lokasi (cluster) midstream gasifikasi utk PLN untuk mencari dan mengoptimasi harga yang terbaik bagi PLN korporat,” katanya.

Dalam melakukan gasifikasi pembangkit, pihaknya pun menyoroti daerah terpencil (remote area) untuk mengkonversi PLTD yang mengggunakan BBM dengan LNG skala kecil. Diakuinya, LNG skala kecil ini sangat dibutuhkan untuk kawasan Indonesia Timur.

“Selain mini scale LNG, kami mencari opportunity kedepan untuk pipeline, CNG atau bahkan pemanfaatan gas suar bagi kelistrikan PLN yang dapat kompetitif terhadap HSD di lokasi terbatas. Di samping itu, PLNGG juga sedang melakukan studi pemanfaatan steam dari geotermal untuk pengembangan konsep PLTP Binary kedepannnya bagi PLN,” tegasnya. (pin)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button