Activity CORPORATION Transmisi MEGA PROJECT NEWS Innovation POWER TECH
Trending

Percepat Penanganan, PLN Gunakan Drone Inspeksi Jalur Transmisi

Percepat Penanganan, PLN Gunakan Drone Inspeksi Jalur Transmisi
PT Terra Drone Indonesia merupakan ex. PT Aero Geosurvey Indonesia menyediakan jasa pemanfaatan drone untuk kegiatan survei udara.

Listrik Indonesia | Kemajuan teknologi drone dimanfaatkan PLN untuk menginspeksi jalur transmisi yang sulit ditembus petugas karena kondisi geografis yang tidak memungkinkan. Salah satunya, jaringan transmisi di Sulawesi sepanjang 30 kilometer dipantau secara langsung melalui drone.

"Kami berhasil melakukan pekerjaan survei udara untuk manajemen vegetasi jalur transmisi listrik menggunakan drone. Pekerjaan tersebut dilakukan pada jalur transmisi listrik milik PLN dengan total panjang koridor ± 30 km di Sulawesi," ujar Managing Director Terra Drone Indonesia, Michael Wishnu Wardana, dalam keterangannya, Rabu (7/10).

Menurutnya, PT Terra Drone Indonesia merupakan ex. PT Aero Geosurvey Indonesia, yakni perusahaan penyedia jasa pemanfaatan drone untuk kegiatan survei udara dalam aplikasi industri yang meliputi pemetaan & pemodelan udara, serta inspeksi & pemantauan udara. Salah satu tujuan dari pekerjaan survei tersebut adalah untuk memastikan jalur listrik milik PLN tidak terganggu dari objek-objek sekitarnya ataupun risiko yang akan timbul dari cuaca buruk.

"Mulainya musim hujan disertai angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia dapat menimbulkan risiko pohon tumbang dan menimpa jalur transmisi listrik, sehingga menyebabkan kerusakan hingga pemadaman listrik," katanya.

Diakuinya, jalur transmisi listrik milik PLN yang berada di hutan tidak sama dengan jalur transmisi listrik di area permukiman. Jalur transmisi tersebut menghubungkan wilayah-wilayah utama dalam provinsi. Jika adanya gangguan, maka satu provinsi kemungkinan akan terkena dampak.

"Selain itu, jalur transmisi listrik di tengah hutan tidak terpantau secara langsung oleh manusia. Cara yang biasa dilakukan oleh PLN untuk memantau transmisi listrik di tengah hutan ialah dengan menerjunkan langsung personil untuk menyusuri hutan," tuturnya.

Dia menilai, cara tersebut kurang efisien karena membutuhkan waktu lama, kondisi lapangan yang berat dan cuaca yang tidak menentu. Sehingga, titik kerusakan pada jalur transmisi listrik pun akan terlambat untuk diketahui dan penanganannya pun akan memakan waktu lebih lama.

"Jalur transmisi listrik di hutan dapat diketahui kondisinya secara aktual tanpa mengharuskan personel untuk terjun langsung ke lapangan. Data yang dihasilkannya pun sangat jelas dan terperinci. Jika terdapat objek-objek yang terlalu dekat dengan transmisi listrik, para personel lapangan dapat langsung menuju titik tersebut untuk melakukan penanganan," jelasnya. (pin)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button