NEWS
Trending

Peresmian Listrik Kerakyatan Pertama di Bali

Peresmian Listrik Kerakyatan Pertama di Bali
Listrik Indonesia | Ketua STT PLN Supriadi Legino, bersama dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, General Manager PT PLN ( Persero) Distribusi Bali, Nyoman S Astawa, dan Direktur Utama PT Indonesia Power, Sripeni Inten Cahyani, hari ini, Selasa (12/12), telah melakukan peresmian Listrik Kerakyatan (LK), di Kabupaten Klungkung, Bali.

Bahan baku utama dari LK sendiri, yakni sampah. Pasalnya, sampah selama ini menjadi masalah yang sangat serius di berbagai wilayah di Indonesia, akan tetapi dengan teknologi yang dikemukakan oleh tim STT PLN, sampah bisa dijadikan sebagai bahan baku energi.

Pihaknya melakukan peresmian implementasi tempat olah sampah setempat (TOSS) di wilayah Klungkung, Bali, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Bali, tepatnya Kabupaten Klungkung, untuk melakukan pemanfaatan terhadap solusi sampah yang akan dijadikan bahan baku energi dengah metode Peyeumisasi. Program ini disinergikan dengan program unggulan Pemkab Klungkung sendiri, yakni Gema Santi.

"Ini merupakan solusi alternatif, solusi nasional, bukan hanya untuk sampah, tetapi untuk melistriki desa-desa yang saat ini kekurangan pasokan listrik," jelas Supriadi di sela-sela peresmian Listrik Kerakyatan di Klungkung, Bali, (12/12).

Ia melanjutkan, inisiatif TOSS sebagai suatu kerangka Listrik Kerakyatan memiliki dua tujuan, pertama mengatasi permasalahan sampah perkotaan yang sudah sangat kritis di negara ini. Kedua, mengatasi kekurangan pasokan listrik untuk daerah yang jauh dari jaringan PLN.

"TOSS ini merupakan program unggulan STT PLN untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang telah dilakukan sejak tahun 2015. Hasil dari penelitian ini kemudian dinyatakan siap untuk diaplikasikan di seluruh lapisan masyarakat. Klungkung menjadi pilot project Listrik Kerakyatan yang diusung STT PLN," paparnya.

"Bukan hanya Klungkung saja, pihaknya juga berencana akan melakukan pendekatan dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia," tandasnya. (RG)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button