NEWS
Trending

Peringati Hari Lingkungan, Mifa Bersaudara Reklamasi Tambang dan Tanam Pohon di Meulaboh

Peringati Hari Lingkungan, Mifa Bersaudara Reklamasi Tambang dan Tanam Pohon di Meulaboh
Listrik Indonesia - Meulaboh | Dalam kaitan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu, PT ABM Investama Tbk (ABM) melalui anak usahanya yang merupakan operator tambang batu bara di Meulaboh, Aceh, PT Mifa Bersaudara (Mifa), membuat serangkaian aksi peduli lingkungan.

Gerakan yang digaungkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara global ini pada 2019 mengangkat tema Beat Air Pollution, yakni menihilkan polusi udara. Mifa pun menyambutnya dengan menaman sebanyak 650 pohon di areal tambang. Rangkaian penanaman pohon ini dimulai sejak 15 - 29 Juni 2019, yang diikuti oleh seluruh karyawan, mitra, kontraktor, dan subkontraktor Mifa di Meulaboh, Aceh.

“Kami sangat bangga menjadi bagian dunia untuk melestarikan lingkungan hidup dengan cara melakukan penanaman pohon kembali di areal tambang kami, yang telah direklamasi selama dua tahun belakangan ini. Kampanye ini sebagai komitmen kami terhadap lingkungan dengan melakukan aktivitas pengelolaan lingkungan yang terkait dengan proses penambangan di Meulaboh,” ujar Environment Superintendent Mifa, Aswan Dewangga di Meulaboh, akhir pekan lalu.

Aswan yang juga Ketua Panitia Rangkaian Acara Peringatan Hari Lingkungan Sedunia di kawasan Mifa mengatakan, kegiatan bagi-bagi pohon ini adalah upaya penghijauan lingkungan dengan tujuan mengurangi polusi udara. Sehingga, semboyan “Biru Langitku, Hijau Bumiku” dapat terwujud.

Selain penanaman pohon, kata Aswan, digelar juga Enviro Run-Fun Bike pada Minggu (23/6). Aswan menjelaskan, kegiatan seperti bersepeda bersama di wilayah operasi Mifa masih jarang dilakukan. Gelaran ini menjadi ajang aktualisasi sekaligus promosi dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat ke masyarakat. Total jarak yang dilalui peserta lari kurang lebih 6 kilometer, sedangkan para pesepeda menempuh sekitar 16,5 kilometer.

Uniknya dalam kegiatan bersepeda santai ini, katanya, “Para peserta yang sekitar 120 orang tersebut juga sembari membagikan bibit tanaman buah di sepanjang rute yang dilalui. Total bibit yang diserahkan ke masyarakat sebanyak 150 buah, terdiri dari jeruk, jambu, mangga, dan sebagainya.”

Kepala Teknik Tambang Mifa, Adi Risfandi menjelaskan, selain peduli terhadap lingkungan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan para pekerja di lingkungan tambang. “Kami juga berharap team bonding antara karyawan, kontraktor, maupun masyarakat sekitar semakin erat sehingga berdampak positif terhadap kinerja dan prestasi mereka di pekerjaan,” jelasnya.

Selain menggelar beraneka kegiatan fisik, Mifa juga menggelar aneka perlombaan berwawasan lingkungan. Mulai dari lomba housekeeping, lomba poster, lomba fotografi, hingga lomba kreasi daur ulang sampah plastik.

“Yang terpenting dari seluruh rangkaian acara ini adalah, PT Mifa terus berupaya untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Sesuai dengan slogan Mining with Care for Nature, kami ingin Mifa menjadi pionir tambang di Aceh yang beroperasi secara efisien dan patuh terhadap regulasi terutama tata kelola lingkungannya. Sehingga dapat memberi manfaat yang optimal pada seluruh stakeholder, sampai ke generasi yang akan datang,” tutup Adi. (RA/Fr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button