Trending

Perlu Tingkatkan Kebersamaan untuk Wujudkan WBBM

Perlu Tingkatkan Kebersamaan untuk Wujudkan WBBM
Dok. esdm.go.id

Listrik Indonesia | Direktur Teknik dan Lingkungan Migas optimis bahwa unit Direktorat Teknik dan Lingkungan Migas (DMT) dapat menjadi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) tahun 2021. "Saya yakin dengan potensi yang ada di DMT, luar biasa punya potensi SDM-nya untuk meraih WBBM. Potensi yang besar ini akan lebih baik jika kita punya kebersamaan yang lebih ditingkatkan, " ungkap Direktur DMT Wakhid Hasyim saat pertemuan Halal Bihalal sekaligus town hall meeting para pegawai DMT.

 

Pada pertemuan daring yang dihadiri para koordinator sub koordinator dan pegawai di lingkungan unit DMT tersebut, Wakhid juga menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi para pegawai DMT atas kinerja yang baik selama ini.

 

Tercatat pada tahun 2019, pertama kali unit DMT diusulkan untuk mengikuti pembangunan ZI, dan akhirnya mendapat penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan-RB dengan nilai 76,52. Pada tahun 2020, unit DMT kembali mencetak prestasi dengan peningkatan nilai menjadi 81,44. Hal ini menjadi bukti bahwa setiap tahunnya unit DMT terus melakukan evaluasi dan berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik.

 

Mengingat karakter industri Migas yang High Risk penuh resiko kecelakaan tinggi, maka unit DMT diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan yang mendukung pertumbuhan industri migas, khususnya dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja serta lindungan lingkungan. "Kita harus melayani kebutuhan masyarakat. Masyarakat terutama yang terkait industri migas. Tentu agar mendukung pertumbuhan industri migas terutama yg terkait keselamatan lingkungan " ungkap Wakhid.

 

Wakhid melanjutkan, bahwa untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka harus ada kebersamaan dari para pegawai di unit DMT. Menurutnya, perlu ada kemauan dan komitmen bersama untuk mencapai tujuan yang ditargetkan salah satunya menuju WBBM.

 

"Semakin baik kebersamaan, saya yakin tidak sulit mencapai tujuan yang kita targetkan. Salah satunya menuju WBBM. DMT bisa menjadi tauladan bagi instansi lain" imbuh Wakhid.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, masing-masing unit di DMT telah melaksanakan arahan dari Direktur DMT untuk menyampaikan ide, inovasi maupun usulan untuk peningkatan pelayanan publik masing-masing unit.

 

Usulan dari unit kemudian dielaborasi dengan hasil evaluasi maupun masukan dari Inspektorat Jenderal KESDM, yang selanjutnya tersusun menjadi Rencana Aksi DMT Menuju WBBM 2021.

 

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan diskusi yang dikoordinir oleh Tim ZI WBBM DMT yang juga didukung oleh Agen Perubahan Ditjen Migas (AP Ditjen Migas) untuk menghimpun masukan dan juga inovasi untuk pelayanan publik DMT yang lebih baik. (TS)
 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button