AGENDA NEWS POWER TECH
Trending

Permudah Masyarakat Mengakses Internet, Geo Dipa Energi Bangun BTS

Permudah Masyarakat Mengakses Internet, Geo Dipa Energi Bangun BTS
Ilustrasi
Listrik Indonesia | PT Geo Dipa Energi (Persero) bersinergi dengan PT Telkom yang sama-sama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membangun  self supporting tower atau Base Transceiver Station (BTS) di sekitar Wilayah Operasional Perusahaan unit Patuha, Desa Sugihmukti, Kabupaten Bandung. BTS tersebut diharapkan dapat menunjang aktivitas masyarakat dalam mengakses internet, khususnya para pelajar yang saat ini melakukan daring dalam kegiatan belajarnya.

Data International Telecomunication Union (ITU) 2017 menunjukkan, Indonesia berada pada peringkat ke-8 dari 11 negara Asia Tenggara pengguna internet atau  hanya 32,29 persen masyarakat Indonesia yang menikmati akses internet. Faktor utama rendahnya jumlah pengguna internet di Indonesia adalah masih belum meratanya pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah terpencil karena kondisi geografis Indonesia menyulitkan ketersediaan infrastruktur digital yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Humas PT Geo Dipa Energi unit Patuha, Maria Rahmawati mengatakan, pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat bekerja dan belajar dilakukan di rumah. Namun, tidak semua masyarakat dapat mengakses internet termasuk di wilayah Patuha, Kabupaten Bandung.

“Untuk itu Geo Dipa Energi membangun BTS di sekitar Wilayah Operasional Perusahaan yang masih terdapat wilayah yang belum dapat mengakses telekomunikasi, internet, bahkan akses listrik,” ujar Maria. Jumat, (26/2).

Dia menjelaskan dibangunnya BTS setinggi 4 kaki 42 meter ini dapat menjangkau ke wilayah 3 Perkebunan teh yang ada di Desa Sugihmukti. Di mana di 3 Perkebunan ini terdapat sekitar 7.735 jiwa.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Riki Firmandha Ibrahim menambahkan, sejalan dengan  Geo Dipa Energi Unit Patuha, Pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan akses internet ke tengah masyarakat melalui berbagai program pembangunan infrastruktur telekomunikasi di bawah program berkelanjutan Indonesia Merdeka Sinyal.

“Kalau di BUMN ini merupakan Value Creation karena sifatnya yang harus unik sebagai penugasan Pemerintah, dan bukan sebagai pesaing Swasta,” tuturnya.

Riki juga mengatakan, bahwa kegiatan program CSR Geo Dipa unit Patuha disusun bersama masyarakat dan pemerintah daerah setempat, untuk peningkatan ekonomi dan pendidikan sesuai kebutuhan di wilayah, diantaranya Pemasangan Listrik masuk kampung, Pemasangan Internet gratis di Prasarana Umum, dan Program Bantuan Pendidikan siswa berprestasi.

“Kami yakin dengan akses internet yang merata dan terjangkau ke seluruh masyarakat akan mewujudkan penyelenggaraan demokrasi yang lebih baik, pelayanan publik yang cepat dan transparan. Tentu saja roda perekonomian wilayah akan tumbuh,” pungkasnya. (Cr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button