Fossil Fuel ENERGY PRIMER MEGA PROJECT NEWS
Trending

Pertamina Terus Menyelesaikan Lahan Untuk Kilang Tuban

Pertamina Terus Menyelesaikan Lahan Untuk Kilang Tuban

Listrik Indonesia | PT Pertamina (Persero) terus melakukan proses pengadaan lahan untuk Pembangunan kilang baru atau Grass Root Refinery (GRR) Tuban yang segera masuk tahap selanjutnya.

Proyek dengan nilai investasi sekitar US$ 15 miliar tersebut sedang tahap early work yaitu pembersihan lahan tinggal sekitar 328 hektar dan pemulihan lahan abrasi (restorasi) seluas 20 hektare sudah selesai.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional yang menaungi proyek GRR Tuban, Ifki Sukarya mengatakan, proses pengadaan lahan sendiri sudah selesai dimana mayoritas warga yang terdampak sudah menerima penggantian dana dari Pertamina. Lahan yang dibebaskan telah mencapai 99% dari target seluas 377 hektare tanah warga.

“Kami akan menyelesaikan proses penyediaan lahan relokasi sejumlah 20 hektar tersebut, namun kami perlu dukungan semua pihak agar proses penyediaan lahan dapat selesai tepat waktu tetapi tentunya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” katanya. (21/2/2021).

Seiring dengan pembebasan lahan yang mencapai titik akhir, pada tahun ini Pertamina berencana untuk melanjutkan proses pembersihan lahan (land clearing) tahap 3 dan tahap 4. Proses pembersihan lahan tahap 3 akan dimulai pada bulan Maret.

“Nantinya akan menyasar pada 109 hektar lahan eks Perhutani serta 156 hektar lahan yang berasal dari warga yang telah dibebaskan sebelumnya,” ujar Ifki.

Berdasarkan hasil inventarisasi dan identifikasi penguasaan tanah, Pertamina telah mengikuti prosedur penilaian ganti kerugian sesuai ketentuan dengan menunjuk KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) yang kemudian ditetapkan melalui Badan Pertanahan Nasional setempat.

"KJPP inilah yang melakukan penilaian terhadap lahan yang akan diambil alih tersebut," ungkap Ifki. (Cr)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button