Pertamina Ungkap Peristiwa Kebakaran Kapal Pengangkut BBM

Pertamina Ungkap Peristiwa Kebakaran Kapal Pengangkut BBM

Listrik Indonesia | Kapal MT Kristin pengangkut BBM milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang disewa PT Pertamina International Shipping (PIS) mengalami kebakaran di Pelabuhan Ampenan, Lombok, pada Minggu Sore (26/3/2023).

Humas PIS Roberth Marcelino mengatakan insiden di perairan Kota Mataram, NTB itu terjadi saat kapal melakukan labuh jangkar diperairan barat Pulau Lombok terjadi pada pukul kira-kira 14:50 WITA.

"Titik api terlihat berasal dari forecastle atau mooring deck depan dan penyebab timbulnya api masih diselidiki lebih lanjut," kata dia melalui keterangan tertulis Minggu (26/3).

Kapal tersebut di carter Pertamina Internasional Shipping dengan membawa muatan 5.900 KL pertalite yang akan di loading di terminal BBM Ampenan 2.700 KL dan setelah di loading di ampenan akan diloading kembali ke terminal BBM sanggara 3.200 KL.

Sebanyak 17 kru kapal berupaya optimal untuk memadamkan api, namun belum berhasil. Sehingga, nakhoda memutuskan untuk segera evakuasi. Dalam proses evakuasi, tiga kru yang tengah melakukan operasional jangkar lompat ke laut terlebih dahulu dan saat ini masih dalam pencarian. Sementara, 14 kru lainnya dipastikan selamat. Menurut Robert, saat proses evakuasi para kru kapal dibantu oleh nelayan sekitar.
 

 

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index