NEWS
Trending

Perusahaan Qatar Lirik PLTGU di Sumut

Perusahaan Qatar Lirik PLTGU di Sumut
Listrik Indonesia | Nebras Power, perusahaan energi asal Qatar berencana membangun PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap) di Sumatera Utara.

Direktur Pengadaan Strategis PT PLN (Persero), Supangkat Iwan Santoso menerangkan, Nebras Power menggandeng PT PLN (Persero) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) berkapasitas 800 megawatt (MW) di Sumatera Utara (Sumut).  PLN tengah memmpersiapkan penandatanganan power purchase agreement (PPA) yang direncanakan pada awal tahun depan.

Kendati belum menjelaskan lebih rinci soal harga listrik yang akan disepakati nantinya. Namun, harga listrik tetap mengacu kepada efisiensi. Nilai investasi PLTGU ditaksir sebesar US$1 miliar, pihaknya juga masih menghitung kebutuhan gas yang diperlukan untuk mengoperasikan pembangkit tersebut.

“Saya belum bisa jawab apa gasnya diimpor atau dipasok dari dalam negeri,” ujarnya.

Dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2017-2026, Indonesia akan melakukan penambahan kapasitas PLTG atau PLTMG sebesar 5.600 MW. Sehingga, membuat kapasitas terpasang PLTG menjadi 20.741 MW pada 2026. Saat ini, terdapat 773 MW  yang telah beroperasi secara komersial atau 2% dari total 35.000 MW. (GC)



 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button