NEWS
Trending

Pesan Jonan Untuk Arifin Tasrif

Pesan Jonan Untuk Arifin Tasrif
Listrik Indonesia | Arifin Tasrif resmi menduduki jabatan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Ignasius Jonan. Saat serah terima jabatan Jonan berpesan kepada Arifin Tasrif terkait pengelolaan Blok Masela.

Pada saat serah terima jabatan Menteri ESDM kepada menteri yang baru Arifin Tasrif. Menurut Jonan, Arifin merupakan sosok yang telah lama dikenalnya, ia bukan sosok yang asing dengan dunia energi dan sumber daya alam. Jonan yakin bahwa Arifin mampu memberikan yang terbaik.

“Selamat ya Pak sudah menggantikan saya. Saya senang digantikan kawan lama. Saya kenal sudah 20 tahun lebih,” kata Jonan.

Pada kesempatan itu, Jonan menitipkan pesan kepada Menteri ESDM yang baru terkait pengelolaan Blok Masela. Jonan berharap sosok Arifin bisa mendorong monetisasi gas Masela. “Saya titip juga ada proyek besar Inpex. Mestinya bisa jalan Pak,” ucapnya.

Blok Masela dikelola oleh Inpex Masela Ltd, anak usaha Inpex Corporation perusahaan migas asal Jepang. Beberapa kali pertemuan antara pemerintah Indonesia dengan petinggi Inpex dilakukan di Jepang yang otomatis diikuti oleh Arifin. Saat ini proses pengembangan blok Masela sudah memasuki tahap pengadaan lahan serta pengutusan analisis dampak dan lingkungan (Amdal).

Sementara itu, Arifin menyatakan siap menerima segala masukan konstruktif untuk menyelesaikan sejumlah tantangan di sektor ESDM yang akan menjadi tanggung jawabnya.
"Saya sangat terbuka dengan masukan-masukan semua yang akan memberikan kebaikan, kebaikan kepada Kementerian ini, kebaikan kepada sumber daya yang ada. Kebaikan kita semua," kata Arifin Tasrif pada acara Serah Terima Jabatan di Kementerian ESDM, Rabu (23/10).

Arifin mengungkapkan, salah satu tantangan utama ke depan adalah bagaimana menekan defisit neraca perdagangan. "Kita saat ini mengalami current account deficit (CAD) perdagangan yang harus menjadi perhatian kita semua," ungkapnya.

Di samping itu, sejumlah tugas besar telah menanti Arifin di Kementerian ESDM, antara lain melanjutkan program BBM Satu Harga menjadi 500 lokasi, peningkatan rasio elektrifikasi 100 persen hingga pencapaian bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada 2025. (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button