NEWS Event AGENDA
Trending

PII di HLN ke-75: Skenario Keseimbangan Energi Fosil dan Renewable Energy

PII di HLN ke-75: Skenario Keseimbangan Energi Fosil dan Renewable Energy
Heru Dewanto, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Foto: R Akmal/Listrik Indonesia
Listrik Indonesia  | Indonesia merupakan bagian dari masyarakat global yang terus mengalami geliat pertumbuhan, terutama dari sisi inovasi dan teknologi. Saat ini, masyarakat dunia tengah menghadapi tren digital dan kesadaran memanfaatkan energi bersih.

Hal ini disampaikan Dr. Ir. Heru Dewanto, MSc. (Eng), Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dalam kaitan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75. Ia melanjutkan, sebagai bagian dari masyarakat internasional, saat ini, Indonesia berada di tengah pusaran arus teknologi digital dan green energy yang sedang melanda di dunia. Tak ada pilihan bagi Indonesia untuk mengikuti perkembangan teknologi digital dan pemanfaatan renewable energy (EBT), termasuk di sektor ketenagalistrikan. 

Tentu saja, mengikuti gelombang tersebut tanpa mengorbankan kepentingan nasional. Artinya, kepentingan kita terhadap fosil fuel (batu bara) dan pengembangan EBT harus memiliki skenario yang ideal agar proporsinya tepat. 

Pada dasarnya proporsi pengembangan ketenagalistrikan sudah ada dalam RUPTL, dengan perbandingan 50% untuk batu bara dan 23% untuk renewable energy. Dengan memperhitungkan sustainability (untuk pemenuhan dasar ke­butuhan) dan development (pembangun­an). Keseimbangan pe­ngembangan ketenaga­listrikan ini perlu terus kita jaga.  

Harapan ke depan, program transformasi PLN terkait digitalisasi dan EBT dapat berkembang sejalan kebutuh­an Indonesia sehingga kebutuhan dasar ma­syarakat untuk ketenagalistrikan dapat terpenuhi. Sebab, pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat menjadi tugas pemerintah seperti yang diamanatkan Piagam PBB. 

Pemenuhan kebutuhan listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia harus benar-benar terwujud. Dalam hal ini, listrik yang andal dan harga terjangkau sehingga mampu menjadi penggerak ekonomi di Tanah Air. Selamat Hari Listrik Nasional (HLN) Ke-75 Tahun. Sukses selalu untuk ketenagalistrikan Indonesia. (TS)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button