NEWS Electric Equipment POWER TECH
Trending

Platform E-GMP Mobil Listrik Kia, Dukung Isi Daya Cepat

Platform E-GMP Mobil Listrik Kia, Dukung Isi Daya Cepat
Bocoran penampakan mobil listrik KiaEV6 [Foto: caranddriver.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Kia Motors telah merilis teaser pertama mobil listriknya yang diluncurkan pada 2022. Namanya: Kia EV6. Ia menjadi mobil listrik pertama perusahaan otomotif asal Korea Selatan berplatform E-GMP (Electric-Global Modular Platform) terbaru.

Kia tampaknya tak mau kalah dari saudaranya, Hyundai, dalam produksi mobil listrik. Hyundai memang lebih dahulu membesut produk mobil listriknya. Di Indonesia saja mereka memboyong Ioniq dan Kona Electric yang dapat respons bagus pasar. 

Mengenai desain, Kia EV6 menonjolkan kesan agresif dengan garis atap yang lebih tebal, melengkung, dan menonjol. Berbeda dengan Hyundai Ioniq yang kental dengan desain hatchback berlekuk tegas.

Tampilan mewah juga terlihat dengan menyelipkan elemen lampu LED di bagian depan dan belakang. Desain elegan juga diselipkan pada lampu belakang yang melengkung hingga dashboard belakang.

Walau berusaha tampil beda, mobil listrik Kia ini mengusung platform milik Hyundai Ioniq 5. 

BACA JUGA: Karena Mobil Listrik, Revenue Pertamina Bakal Tergerus?

Jadi, mobil ini kemungkinan akan ditawarkan dengan opsi motor listrik tunggal 215 tenaga kuda dengan penggerak roda belakang atau motor listrik ganda berpenggerak empat roda yang mampu menghasilkan 315 tenaga kuda.

Sementara pengisian daya daya mencapai 800 Volt dengan kapasitas baterai 58 KWh atau 77,4 KWh.

Belum informasi resmi kapan Kia EV6 menemui konsumen. Kabar burungnya pada 15 Maret 2021, beberapa hari lagi, untuk perkenalan awal saja. Kia EV6 benar-benar melaju di jalan raya pada 2022. 


Soal E-GM

Electric Global Modular Platform (E-GMP) adalah platform kendaraan listrik khusus mobil Hyundai Motor Group . Teknologi kelistrikan kendaraan ini disematkan ke mobil Hyundai dan Kia.

Platform ini berarsitektur 800 V dengan panjang jarak sumbu roda yang dapat diskalakan, dan mendukung baterai dari berbagai produsen. 

BACA JUGA: PT SESM Siap Membangun Ekosistem Mobil Listrik Terintegrasi

Pada mobil yang segera diluncurkan, terpasang baterai Li-ion seukuran kantong dan baterai-pack 13 cm. Semikonduktor elektronika daya berbasis silikon karbida dirancang meminimalkan kerugian konversi. Elektronik pengisian dayanya 400 V dan 800 V dengan pengisian dua arah ( V2L (110/230 V dan hingga 3,5 kW), V2V , dan V2G ). 

Paket baterai rentang WLTP 500+ untuk mendukung pengisian cepat 350 kW, dan Hyundai mengklaim kecepatan pengisian daya 18 menit 0-80%. 

Platform ini mendukung jarak sumbu roda melebihi 3.000 mm (118.1 in) dan mendukung AWD 2WD dan motor ganda. 

Platform E-GMP dikembangkan Hyundai bersama Canoo. Kedua perusahaan mempertahankan kepemilikan bersama atas hak kekayaan intelektual pada E-GMP. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button