NEWS
Trending

PLN Bantu Penerangan Pemakaman Covid-19 di TPU Rorotan

PLN Bantu Penerangan Pemakaman Covid-19 di TPU Rorotan
Listrik Indonesia | PLN memberikan bantuan penerangan untuk lokasi pemakaman khusus Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. 

Seperti diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperluas TPU Rorotan dikarenakan meningkatnya kasus kematian karena Covid-19. Hal tersebut juga mengakibatkan proses pemakaman di TPU Rorotan dilakukan hampir setiap saat bahkan di malam hari. Bantuan yang diberikan yaitu berupa lampu, tiang, kabel, dan sekaligus pemasangannya. Penerangan ini digunakan untuk lokasi pemakaman eksisting, lokasi pemakaman baru, dan posko petugas pemakaman. 

Sebelumnya, TPU Rorotan tidak memiliki penerangan yang memadai. Pihak Bina Marga Pemprov DKI Jakarta mencoba untuk menarik penerangan dari jaringan listrik Penerangan Jalan Umum (PJU) di sekitar lokasi. Melihat kondisi tersebut, PLN berinisiatif dan tergerak untuk membantu. 

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengungkapkan bahwa inisiatif PLN ini timbul sebagai wujud dukungan kemanusiaan akan upaya perjuangan di masa pandemi Covid-19. Pengadaan serta pemasangan tiang dan penarikan kabel di sisi pelanggan, dalam hal ini TPU Rorotan, sebetulnya adalah kewenangan pelanggan tersebut. Namun, PLN bergerak untuk membantu dengan memberikan bantuan berupa tiang, kabel, lampu, sekaligus dengan pemasangannya. 

“Pekerjaan yang kami lakukan adalah penambahan 5 buah tiang (listrik) kemudian juga  menarik jaringan listrik Tegangan Rendah(TR) untuk lampu sebanyak 700 meter,” terang Doddy. 

Total daya yang digunakan untuk penerangan di TPU Rorotan adalah sebesar 41.500 Volt Ampere (VA). Ke depannya, PLN menyatakan siap apabila dibutuhkan penambahan daya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. Dengan adanya penerangan lampu yang cukup PLN berharap petugas pemakaman yang tetap bekerja tak kenal waktu, bahkan malam hari dapat terbantu. 

“Kami berharap bahwa dengan dukungan dari PLN UID Jakarta Raya ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan khususnya bagi kita semua yang menghadapi masa pandemi,” ujar Doddy. 

PLN juga bersiaga selama 24 jam penuh untuk melayani masyarakat serta memastikan pasokan listrik cukup dan andal. Meski PPKM Darurat sedang berlangsung, masyarakat bisa menjangkau PLN melalui Contact Center 123 atau aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau App Store. 

Related Articles

1 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button