Activity CORPORATION NEWS
Trending

PLN Dorong Mahasiswa Ciptakan Inovasi Kendaraan Listrik

PLN Dorong Mahasiswa Ciptakan Inovasi Kendaraan Listrik
Ilustrasi: Sepeda motor listrik karya mahasiswa Universitas Budi Luhur [Foto: goodnewsfromindonesia.id - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini merangkul kalangan pelajar dan mahasiswa agar berperan aktif dalam gerakan pemakaian kendaraan listrik.

Pelajar dan mahasiswa diharap aktif mencetuskan inovasi bidang kelistrikan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan dan pemanfaatan kendaraan listrik berbasis baterai. 

Pelibatan kalangan sekolah menengah dan kampus tersebut terkait upaya mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) berbasis fosil. Sesuai data, 80 persen pemakaian BBM fosil oleh sektor transportasi. 

Karenanya program pemasyarakatan kendaraan listrik perlu mendapat dukungan berbagai pihak guna mengurangi pemakaian BBM yang menghasilkan emisi karbon. Selanjutnya beralih ke pemanaatan tenaga listrik yang ramah lingkungan, di samping efisien dan murah.

"PLN berkomitmen penuh menyambut era electrifying lifestyle. Mendukung lahirnya berbagai inovasi, PLN bersinergi dengan masyarakat, termasuk pelajar dan mahasiswa, guna mendapatkan ide inovasi electrifying lifestyle," kata Dirut PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini saat menyampaikan sambutan pembukaan webinar #1 Electrifying Lifestyle PLN Innovation and Competition in Electricity (PLN ICE) 2021, Senin, 13 April 2021. 

BACA JUGA: Motor Listrik Gesits Jadi Pemain Utama di Rumah Sendiri

Webinar yang diikuti lebih 800 peserta menghadirkan pembicara kunci Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pembicara lainnya Sales Director PT Hyundai Mobil Indonesia Erwin Djajadiputra, General Manager Sales and Marketing PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) Abdullah Alwi, dan Director Marketing Maspion Group Jacobus L. Salim.

Kompetisi PLN ICE tahun ini, ungkap Zulkifli, terbagi tiga kelompok. PLN memperlombakan desain dan prototipe mobil dan sepeda motor listrik. Juga desain dan prototipe peralatan listrik dan kompetisi proposal pengembangan bisnis dan komunitas teknologi tepat guna.

Pada kesempatan yang sama, Zulkifli mengutarakan guna menunjang penggalakan pemakaian kendaraan listrik, PLN telah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan meluncurkan Charge.IN, aplikasi yang memudahkan pengguna kendaraan listrik melakukan pengisian daya listrilk di SPKLU.

Sebelumnya, pada kesempatann yang sama, General Manager Pulitbang PT PLN (Persero) Iswan Prahastono menjelaskan kegiatan PLN ICE bagian agenda tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) perusahaan penyedia setrum milik pemerintah ini. 

BACA JUGA: 'Khaira Power', Inovasi Pembangkit Energi Bersih di Atap Rumah

Kegiatan serupa telah digelar tahun lalu. Pada PLN ICE 2021, panitia menargetkan setidaknya 600 peserta. Diawali penilaian makalah, kompetisi gagasan hingga pembuatan prototipe ini, akan berakhir pada Oktober mendatang.

"PLN mengapresiasi kegiatan pelajar dan mahasiswa yang aktif menyumbangkan ide terkait kelistrikan yang berguna bagi PLN khususnya dan bangsa umumnya," ujar Iswan.

Ditegaskan, kompetisi pembuatan desain dan prototipe kendaraan listrik dikhususkan bagi pelajar dan mahasiswa. Sementara masyarakat umum dapat mengikuti perlombaan bidang inovasi kelistrikan nonkendaraan listrik. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button