NEWS
Trending

PLN Klaim Lebih Hemat Menggunakan Aliran Listriknya

PLN Klaim Lebih Hemat Menggunakan  Aliran Listriknya

Listrik Indonesia | Perusahaan produsen jus dan kopi kemasan, PT Ciracasindo Perdana berhemat anggaran listrik 30%  setelah menggunakan listrik sepenuhnya dari PLN. Sejak awal berdiri tahun 1985 perusahaan tersebut menggabungkan listrik PLN dengan listrik yang dihasilkan dari generator set (genset) dalam proses produksinya. Pada tahun 2019, perusahaan beralih sepenuhnya ke listrik PLN dan menjadi pelanggan premium PLN.

“Layanan premium menjamin ketersediaan pasokan listrik secara kontinyu dengan listrik yang stabil, nah sejak itu kami mengikuti program kerjasama untuk penyambungan dan penambahan daya baru,” jelas Chaerudin, Direktur PT Ciracasindo Perdana.

Untuk menggantikan genset, PLN memberikan keandalan suplai listrik dengan layanan premium dimana pelanggan mendapat suplai listrik ganda. Apabila pasokan utama mengalami gangguan, maka listrik akan berpindah ke pasokan cadangan secara otomatis dengan kualitas yang sama.

"Selama saya pakai genset itu, per bulan, saya rata-rata mengeluarkan biaya solar, di luar service, itu sekitar 70 juta untuk 2 genset yang beroperasi setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 7 malam biasanya, selebihnya kita pakai PLN,” jelas Chaerudin, Direktur PT Ciracasindo Perdana.

Chaerudin merasakan penghematan biaya produksi di sisi biaya energi listrik setelah beralih dari genset ke listrik PLN sepenuhnya.

“Nah sejak tahun 2019, kita full pakai PLN. Rata-rata tiap bulan angkanya di kisaran, sebelum Covid, sekitar 50-an (juta). Jadinya saya ada saving sekitar 30 persen,” lanjut Chaerudin.

Setelah sepenuhnya menggunakan listrik PLN, PT Ciracasindo Perdana mengalihfungsikan ruang genset menjadi ruang produksi sehingga dapat meningkatkan produksi.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menjelaskan bahwa PLN memberikan kenyamanan dengan layanan premium untuk pelanggan yang menginginkan keandalan listrik tinggi seperti untuk industri dan bisnis. Hingga Mei 2021, total pelanggan premium PLN UID Jakarta Raya yaitu 2108 terdiri dari kalangan industri, bisnis, pemerintah, dan rumah tangga.

“Kami juga menyediakan tambahan UPS untuk pelanggan premium yang menginginkan kestabilan listrik yang tinggi,” tambah Doddy.

PLN juga mempunyai produk power bank, yaitu layanan listrik sementara pengganti genset untuk event atau masa konstruksi. Listrik yang dihasilkan dari power bank PLN tentunya ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara maupun polusi suara.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button