NEWS
Trending

PLN Pastikan Keandalan SPKLU di Rest Area

Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memastikan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di Rest Area KM 6 beroperasi maksimal, sehingga pemilik kendaraan listrik yang mudik melewati wilayah tersebut dapat melakukan pengisian listrik dengan nyaman.

“Pemudik yang melintasi jalur Jakarta Cikampek, silakan mampir dan mengisi kendaraan listriknya dengan nyaman di SPKLU Rest Area KM 6 ini. Tidak perlu khawatir kehabisan daya selama mudik, silakan charge kendaraan listriknya melalui aplikasi Charge.in sambil beristirahat sejenak. Kalau sudah penuh terisi baterainya, silakan menikmati kembali perjalanan dengan tetap hati-hati dan waspada.’’, pesan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan saat selesai inspeksi SPKLU di jalur peristirahatan Jakarta-Cikampek.

Untuk jalur Tol Trans Jawa yang memiliki panjang 1.795 Km dengan 19 ruas tol, PLN hadir dengan 9 SPKLU untuk memfasilitasi para pemudik yang menggunakan kendaraan  listrik di beberapa titik perhentian, yaitu :

1. SPKLU REST AREA KM 6 JKT-CIKAMPEK (Bekasi) 
2. SPKLU REST AREA KM 207 A  (Cirebon) 
3. SPKLU REST AREA KM 208 B  (Cirebon) 
4. SPKLU REST AREA KM 379 A  (Kendal)  
5. SPKLU REST AREA KM 389 B  (Batang)  
6. SPKLU REST AREA KM 519 A  (Sragen) 
7. SPKLU REST AREA KM 519 B  (Sragen) 
8. SPKLU REST AREA KM 626 A  (Madiun) 
9. SPKLU REST AREA KM 626 A  (Madiun) 

Hadirnya SPKLU merupakan wujud nyata dukungan PLN terhadap pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Sekaligus aksi proaktif untuk mendukung pencapaian target net zero emission pada 2060.

Sejauh ini, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya telah mendirikan 26 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di 18 lokasi. Dua di antaranya merupakan SPKLU dengan sistem kemitraan atau partnership. Tahun ini, PLN UID Jakarta Raya menargetkan pengoperasian tujuh SPKLU lagi. PLN membuka peluang bagi swasta untuk menjalin kemitraan dalam penyediaan SPKLU. 

Menurut Doddy, penambahan dan perluasan pengoperasian SPKLU harus dilakukan agar pengendara kendaraan listrik tidak perlu khawatir baterai kendaraannya kehabisan energi listrik ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan listrik.

Salah satu hal yang harus dipastikan saat mudik adalah kondisi kendaraan yang optimal. Maka, penting sekali untuk melakukan pengecekan mobil sebelum melakukan perjalanan jauh, atau di Rest Area sambil memastikan seluruh fungsi kendaraan optimal. Bawa makanan dan minuman secukupnya, dan jangan paksakan menyetir ketika lelah. Berhentilah sejenak ketika lelah. Keselamatan Anda dan keluarga adalah yang utama. Selamat mudik dan berkumpul bersama keluarga, tetap waspada dan hati-hati di jalan.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button