NEWS
Trending

PLN Segera PPA PLTS Cirata

PLN Segera PPA PLTS Cirata
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) akan menandatangani kontrak jual beli listrik (Power Purchase Agreement/PPA) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat dengan perusahaan Uni Emirat Arab (UEA) Masdar.

Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN, Sripeni Inten Cahyani mengungkapkan, PLTS Terapung Cirata nantinya berkapasitas sebesar 50 Mega Watt (MW) pada 2021. Kemudian, akan meningkat menjadi 145 MW pada 2022. Pembangunan pembangkit energi baru terbarukan ini membutuhkan investasi sebesar US$ 129 juta. 

Inten mengatakan, PPA PLTS terapung Cirata akan ditandatangani di UEA, berbarengan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Abu Dhabi. "Setelah PPA, Financial Close satu tahun, jadi awal 2021 sudah mulai konstruksi. Jadi, targetnya 50 MW selesai 2021. Sisanya, di 2022 nanti," kata Inten, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Pembangunan PLTS terapung Cirata akan dilakukan anak usaha PLN Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dengan porsi 51 persen Dan Masdar 49 persen. Listrik dari PLTS yang dibangun di atas permukaan air Wadug Cirata ini dipatok USD 5,8 sen per Kilo Watt hour (KWh). (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button