NEWS
Trending

PLN Siapkan Sistem Franchise SPKLU, Berminat?

PLN Siapkan Sistem Franchise SPKLU, Berminat?
Listrik Indonesia - Jakarta | Terbitnya Perpres No.55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan, membuka peluang swasta baik langsung maupun tidak langsung untuk ikut berpartisipasi mengembankan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Secara langsung, dalam Perpres tersebut pada pasal 23 ayat 1, dimungkinkan pihak Badan Usaha Lain selain BUN bidang energi untuk menyediakan infrastruktur pengisian listrik KBL berbasis baterai.  Pada ayat berikutnya, disebutkan, untuk  pertama kali, penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk KBL berbasis baterai sebagaimana dimaksud pada ayat 1, dilaksanakan melaluli penugasan kepada PT PLN (Persero). Berikutnya, dikatakan, PLN dapat bekerjasama dengan BUMN dan/atau  badan usaha lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengatakan, swasta dapat bekerjasama dengan PLN dalam membangun SPLU.  Konsepnya mirip dengan kerjasama pada SPBU Pertamina. 

"Kalau tertarik, boleh kerjasama dengan PLN. Tetapi harus punya izin, bukan untuk mempersulit tetapi menjamin keselamatan penggunanya," ungkap Rida.

Terkait hal tersebut, Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 7 ribu SPKLU yang disediakan PT PLN (Persero)  di seluruh Indonesia.  Untuk mengoptimalkan SPKLU tersebut, PLN akan mengembangkan skema bisnis SPKLU melalui yang salah satunya melalui franchise dengan membuka kesempatan bagi swasta.

"Saat ini 7.000 seluruh Indonesia, itu yang normal slow charging kita mengembangkan skema bisnis PLN buat seperti (model bisnis) COCO (Company Own Company Operate) Pertamina. Ada juga partnership, itu model franchise supaya lebih banyak, supaya masyarakat lebih mudah," papar Sripeni Inten Cahyani. (AB)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button