NEWS
Trending

PLN Tambah Tiga PLTB

PLN Tambah Tiga PLTB
Listrik Indonesia | Beroperasinya PLTB Sidrap diawal tahun,  3 PLTB lainnya segera diselesaikan.

Usai dilakukan uji coba interkoneksi dengan jaringan PT PLN (Persero) pada minggu pertama Januari,  PLTB Sidrap di Sulawesi Selatan (Sulsel)  menjadi pembangkit komersial skala besar pertama menggunakan energi angin berkapasitas 70 MW.

Selain PLTB Sidrap I tersebut, tiga PLTB lain dijadwalkan dapat beroperasi dalam waktu dekat. Ketiga PLTB tersebut adalah PLTB Sidrap tahap II, PLTB Jeneponto yang berada di Kabupaten Jeneponto, Sulsel dan PLTB Tanah Laut di Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

PLTB Sidrap tahap II dengan kapasitas 50 megawatt (MW) juga akan dibangun oleh PT UPC Sidrap Bayu Energi.  PLTB Jeneponto kapasitas 60 MW, dengan investasi sebesar US$ 150 juta ditargetkan akan beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) pada tahun 2018. Dengan estimasi kecepatan angin sekitar 7,5 hingga 8 meter per detik (m/s), PLTB ini rata-rata akan memproduksi 198,6 Gigawatt hours (GWh) per tahun. Proyek ini sedikitnya menyerap 190 orang tenaga kerja.

Sedangkan,  PLTB Tanah Laut, dengan nilai investasi sebesar US$ 153 juta, ditargetkan COD pada tahun 2021. PLTB ini akan dibangun dalam tiga tahap, dengan tahap I sebesar 70 MW, tahap II sebesar 20 MW dan tahap ketiga berkapasitas 60 MW.

Harga jual listrik dari Pembangkit ini disepakati sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 50 Tahun 2017 tentang Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan Untuk Penyediaan Tenaga Listrik, yaitu dibawah 85% dari Biaya Pokok Penyediaan Pembangkitan (BPP). Artinya, semakin gencarnya pembangunan EBT diharapkan dapat membantu pencapaian target 35 GW lebih cepat,  dan tarif listrik murah dapat terwujud.  (GC)

 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button