NEWS
Trending

PLN UID Jatim Launching Layanan Patrol Borderless & Gardu Induk Tanpa Operator

PLN UID Jatim Launching Layanan Patrol Borderless & Gardu Induk Tanpa Operator
Listrik Indonesia | PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur me-launching program terbarunya bernama Enterprise Asset Management (EAM), guna meningkatakan revenue melalui keandalan jaringan dan menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP), dengan meningkatkan efektivitas pelaksanaan operasi serta pemeliharaan Gardu Induk (GI), Surabaya, Senin (29/10).

General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Bob Saril menjelaskan, PLN UID Jatim telah meluncurkan tiga program terbarunya, yakni Enterprise Asset Management (EAM), Gardu Induk Tanpa Operator (GITO), dan Layanan Patrol Borderless Pemeliharaan Gardu Induk (Yantek HAR-GI).

EAM melalui aplikasi Maximo EAM mampu mempermudah monitoring data aset existing (terpasang), mengamankan perputaran material, meningkatkan efektivitas perencanaan, dan meningkatkan kualitas pemeliharaan. EAM telah digunakan di sektor pembangkitan dan dikembangkan secara langsung oleh PT PJB.

Selain itu, Program GITO, masing-masing gardu induk hanya ada satu orang inspektur standby on call dengan menggunakan sistem yang bersifat borderless, dengan pengawasan tracking berbasis aplikasi OPTIMA sebagai kontrol kecepatan respons time. Program terakhir yaitu Yantek HAR-GI, di mana tim layanan patrol akan mengoptimalkan pola Condition Based Maintanance (CBM) yang ada dengan sistem borderless untuk memastikan semua cell terpelihara dengan baik dan respons time gangguan yang lebih cepat, utamanya adalah efektivitas waktu pemeliharaan.
 
“Tujuan program tersebut untuk revenue melalui keandalan jaringan dan menurunkan BPP dengan meningkatkan efektivitas pelaksanaan operasi serta pemeliharaan Gardu Induk. Ini bentuk komitmen kami di Jawa Timur untuk selalu bergerak maju,” ujarnya.

Dalam mewujudkan tiga program ini,  PLN UID Jawa Timur telah bersinergi dengan PT PJB, PT ICON+, dan PT Haleyora Power, di mana hal tersebut menunjukkan semangat PLN SOLID yang telah diserukan di lingkungan PLN Group.

Acara tersebut dihadiri oleh UPT se-Jawa Timur, Manajer UP2B Jatim, Manajer Haleyora, Direktur PJB, Manajer Icon+, dan Divisi Operasional Regional. Juga melakukan Video Conference kepada seluruh pegawai dan petugas layanan Borderless di 3 DCC yaitu DCC Barat, DCC Tengah dan DCC Timur.

“Melalui program ini saya berharap selain meningkatkan penjualan, juga  memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat, khususnya penduduk Jawa Timur. PLN UID Jawa Timur terus akan berkerja dengan baik dan meningkatkan pelayanan,” pungkas Bob Saril. (GC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button