Power Plant MEGA PROJECT NEWS
Trending

PLTA Dinorwig, Pembangkit di Perut Gunung Andalan Inggris Raya

PLTA Dinorwig, Pembangkit di Perut Gunung Andalan Inggris Raya
Dapur pacu PLTA Dinorwig nyaris seluruhnya di dalam bukit batu [Foto: alamy.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Dinorwig terletak di Taman Nasional Snowdonia di belahan utara Wales, Inggris. Pembangkit ini penyelamat bagi Inggris Raya ketika permintaan pasokan listrik tiba-tiba berada di beban puncak.

Dinorwig adalah pembangkit yang mampu memberikan respons cepat atas permintaan pasokan listrik. Dia bahkan dicatat sebagai pemasok listrik tercepat di dunia.

PLTA Dinorwig dibangun di perbukitan batu tua di Gunung Elidir pada 1970-an. Energi listrik dihasilkan dari air yang dipompa lalu membuka enam katup, memungkin air dari reservoir atas mengalir melalui turbin ke dasarnya.


Karya Penambang Batu

Sebelum menjadi kawasan PLTA, Dinorwig adalah area tambang batu marmer. Puncak produksi tambang baru ini pada abad ke-18. Lebih 3.000 pekerjaan menggaruk isi perut bumi di pertambangan batu marmer terbesar kedua di dunia.

Namun, ketika perdagangan melambat, Dinorwig ditinggalkan oleh para penambang. Sebuah gua di sisi timur Snowdonia yang berpanorama sungguh indah dibiarkan sendiri.

Mulai 1970-an, ketika struktur kelistrikan Inggris Raya mulai berubah, sumber energi yang tanggap cepat menjadi suatu kebutuhan. First Hydro's Ffestiniog dibangun pada 1960-an cukup andal, namun diperlukan pembangkit yang lebih besar. 

Posisi Dinorwig yang terangkat secara alami, dengan kubangan karya penambang, menjadikan Elidir pilihan yang alami.

Pembangunan PLTA Dinorwig adalah proyek ekstensif, dengan 2.000 pekerja terlibat siang dan malam. 

“Pembangkit listrik terdiri atas 16 km terowongan bawah tanah di bawah Gunung Elidir,” kata Manajer Stasiun First Hydro John Armstrong, tulis Power Technology. "Pembangunannya memakan waktu sepuluh tahun, membutuhkan satu juta ton beton, 200.000 ton semen, dan 4.500 ton baja."

Dinorwig diresmikan oleh Pangeran Charles pada 1984. 

"Ketika dibangun, PLTA Dinorwig dianggap sebagai salah satu proyek rekayasa dan lingkungan paling imajinatif di dunia," kata Armstrong. 

BACA JUGA: APPI, Berawal dari Kumpulan Produsen Panel Listrik

Desain Dinorwig sangat dipuji karena badan pembangkit hampir seluruhnya tersembunyi di dalam gunung, membuatnya tidak terlihat dari luar.


Pasokan Tercepat 

Cara kerja Dinorwig, air yang dibendung dipompa seperti hidro konvensional. Aliran air memutar turbin untuk menghasilkan listrik. Pembangkit menggunakan ketinggian yang berbeda dari dua waduk yang dibuat oleh gunung untuk memindahkan air. 

“Ketika air dilepaskan dari reservoir atas, energi dihasilkan oleh aliran bawah, yang diarahkan melalui poros bertekanan tinggi yang terhubung ke turbin,” Armstrong menjelaskan. 



Pada saat katup setengah terbuka, 65 meterkubik air per detik mengalir melalui sistem. Ini setara dengan satu setengah juta cangkir teh per detik. Kekuatan air ini memutar turbin pada 500 rpm.

“Enam unit pembangkit dapat mencapai output maksimum 1.728 MW, dari nol, dalam waktu 16 detik,” kata Armstrong. 

Unit pembangkit dipasang secara vertikal di dalam gunung. Generator kolosal --berat masing-masing 445 ton-- dapat mempertahankan output maksimum hingga lima jam. Unit-unit ini terletak di dalam gua utama, gua buatan manusia terbesar di Eropa, yang cukup besar untuk menampung Katedral St. Paul.

Menghidupkan sistem pembangkit listrik disederhanakan oleh fungsi 'spinning-in-air'. Ini memungkinkan pembangkit dalam keadaan siaga hanya oleh sejumlah kecil energi yang digunakan untuk memompa udara terkompresi ke dalam casing turbin. Proses ini memastikan saat katup masuk dibuka, aliran air dapat mengambil alih dari udara hanya dalam waktu lima detik. 

“Ada orang yang bekerja di lokasi dan di kantor administrasi di London 24/7, 365 hari setahun,” kata Armstrong. “Kami bekerja dengan National Grid untuk memastikan bahwa, jika memungkinkan, pasokan kami direncanakan sebelum puncak permintaan diantisipasi.”

BACA JUGA: Teco Multiguna: Jawara Motor Listrik Pelayan Pelanggan

Sistem turbin dan generator yang sama kemudian digunakan untuk memindahkan air kembali dari Llyn Peris, reservoir bawah, ke Marchlyn Mawr, bagian atas. Ini terjadi ketika ada kelebihan energi di jaringan, biasanya pada malam hari, menggunakan generator sebagai motor untuk membalikkan turbin pembangkit listrik sehingga berfungsi sebagai pompa.


PLTA Belum Tergantikan

Dinorwig tetap menjadi bagian penting kelistrikan Inggris karena waktu tanggapnya yang mengesankan.

Nuklir dapat menuntut waktu berhari-hari dan pembangkit listrik tenaga batu bara membutuhkan berjam-jam untuk mencapai suhu yang diperlukan. Keduanya terlalu lambat untuk mengatasi kekurangan listrik yang tidak terduga atau cepat. 



“Pembangkit penyimpanan pompa menawarkan fasilitas cadangan kritis selama periode permintaan puncak yang tidak terduga atau kekurangan pasokan yang tiba-tiba pada sistem jaringan nasional,” papar Armstrong lagi. 

Permintaan listrik dapat mencapai puncaknya karena sejumlah alasan. Yang paling terkenal adalah saat turun minum acara olahraga besar. 

BACA JUGA: Mengenal Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi ITB

Pada pertandingan Piala Dunia 2006 yang mempertemukan Inggris versus Paraguay, penggunaan listrik meningkat 1.500 MW --setara 600.000 ceret yang dinyalakan sekaligus-- karena ribuan orang bergegas ke toilet dan mengambil minuman selama turun minum. 

Tetapi, “Ini juga merupakan aset penting untuk keamanan pasokan pada saat peningkatan volatilitas, seperti pemadaman yang tidak direncanakan atau distribusi terputus-putus pada pembangkit energi baru terbarukan (EBT)”, kata Armstrong.

Dinorwig adalah salah satu pembangkit penyimpanan terpompa pertama dan paling ambisius, yang menegaskan keunggulan tenaga air. 

Armstrong berkeyakinan meskipun teknologi kelistrikan hari ini meningikat pesar, kebutuhan akan tenaga air akan tetap ada hingga bertahun-tahun mendatang. 

“Teknologi seputar kapabilitas penyimpanan daya lainnya, seperti baterai, berkembang dari waktu ke waktu, tetapi kapabilitas Dinorwig masih dalam skala strategis bagi kebutuhan energi Inggris Raya,” katanya. “Dinorwig tetap menjadi salah satu pembangkit yang bekerja paling cepat di Eropa.” (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button