Business CORPORATION Power Plant MEGA PROJECT NEWS
Trending

PLTGU Bekasi Power: Perjanjian 20 Tahun, PLN Putus di Jalan

PLTGU Bekasi Power: Perjanjian 20 Tahun, PLN Putus di Jalan
Gerbang PLTGU Bekasi Power di Bekasi, Jawa Barat [Foto: id.worldorgs.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (KIJA)  sejak awal menyiapkan pasokan listrik untuk kota industri yang dibangunnya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Ada kawasan industri dan permukimannya. 

Jababeka memulai menggarap pembangkit listriknya yang berkapasitas 130 MW pada 2007. Proyek pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) ini, sebut situs web KIJA Jababeka.com, dioperasikan dan dikelola anak usahanya; PT Bekasi Power. 

Jababeka menyadari permintaan energi akan terus berkembang. Karenanya, pembangkit dirancang memiliki unit kedua.

Pembangkit terdiri atas turbin gas 6B yang canggih. Diproduksi General Electric Energy yang berkapasitas masing-masing 40-42 MW, sesuai rating ISO. 

Terdapat pula dua generator uap produksi Thermax Babcock and Wilcox Limited. Siklus gabungan ini dilengkapi turbin uap produksi Shin Nippon berkapasitas 46-50MW yang didorong oleh suhu uap bertekanan tinggi dari kedua generator uap, lalu ditembakkan menggunakan gas buang dari turbin-turbin gas. Total kapasitasnya mencapai 130MW.

BACA JUGA: PLN Gandeng Kejaksaan Agung Pastikan Kepatuhan Hukum di Lingkungan Perusahaan

Gas bersumber dari Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Bayu Buana Gemilang (BBG), anak usaha PT Pertamina (Persero).

Dengan peralatan standar internasional dan pasokan gas yang andal, Bekasi Power memastikan infrastruktur ketenagalistrikannya uninterruptible power supply (UPS) dengan harga kompetitif.


Dijual ke PLN

PLTGU Bekasi Power memperkuat sistem kelistrikan Bekasi-Karawang melalui gardu induk Cibatu milik PT PLN (Persero). Pembangkit ini beroperasi secara komersial sejak Januari 2013. Seluruh tenaga listrik yang dihasilkan dibeli oleh PLN.

Omset penjualan listrik ke PLN pada tahun pertama beroperasi mencapai Rp1 triliun. PLN membeli seharga Rp1.050 per kWh, dan menjualnya sedikit di atasnya.

Sedapnya bisnis energi mendorong KIJA membangun pembangkit listrik di proyek lainnya, antyara lain di Kendal, Tanjung Lesung, Cilegon, dan Morotai. Terlebih bila warga di sekitar proyek belum mendapat suplai listrik.


PLN Stop Beli

Pada awal 2018, PLN menghentikan sementara pembelian tenaga listrik Bekasi Power. Padahal Bekasi Power dan PLN terikat perjanjian jual-beli tenaga listrik selama 20 tahun.

BACA JUGA: PLN Teken Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik Dua PLTMH di Jatim

PLTGU milik Bekasi Power memasok listrik dengan perintah pembebanan atau dispatch kepada PLN. Dalam commercial operation date (COD) dunyatakan beban minimum PLTGU Bekasi Power 108 MW dan beban maksimum 118,8 MW.

Availability factor Bekasi Power setahun secara rata-rata mencapai 90 dari kapasitas kontraknya. Selama lima  tahun operasi, PLTGU Bekasi Power memenuhi perjanjian. Namun sejak awal 2018, PLN meminta reserve shutdown atau pengiriman 0 kWh, yang membuat PLTGU ini diperlakukan sebagai "cadangan dingin".

Pada 9 Februari 2018, seperti dilansir Kontan, pihak Bekasi Power dan PLN melakukan pertemuan, namun tidak diperoleh solusi agar PLTGU Bekasi Power kembali beroperasi. Namun berdasarkan perjanjian, Bekasi Power tetap mendapatkan pembayaran atau kompensasi PLN dengan skema take or pay, sesuai kontrak.

Atas keputusan PLN tersebut, penghasilan Bekasi Power menurun secara signifiikan, namun gross profit tetap terjaga, sehingga menutupi beban operasional.

Begitulah sekelumit perjalanan PLTGU Bekasi Power. (RE)




 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button