Renewable Energy ENERGY PRIMER Power Plant MEGA PROJECT NEWS
Trending

PLTS Ganti Peran Diesel di Sabira Kepulauan Seribu

PLTS Ganti Peran Diesel di Sabira Kepulauan Seribu
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di PLTS Pulau Sabira, Kepulauan Seribu [Foto:

Listrik Indonesia - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya meninjau beberapa pulau di wilayah Kepulauan Seribu selama dua hari sejak Jumat (30/4/2021).

Pulau terakhir yang disasar adalah Sabira. Anies dan rombongan menginap di pulau yang masuk wilayah sisi utara DKI Jakarta yang terjauh. 

BACA JUGA: PLTS Hybrid Kado Pemprov DKI Jakarta untuk Pulau Sebira

"Hari ini, kami kembali mengunjungi Sabira yang merupakan pulau paling ujung Provinsi DKI Jakarta. Secara hitungan kilometer lebih dekat ke daratan Sumatra daripada Jawa. Tapi, ini adalah wilayah DKI Jakarta," kata Anies dalam keterangan resmi, Sabtu, 1 Mei 2021.

Dalam kunjungan kerjanya di Pulau Sabira, Anies meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Sabira. Pembangkit ini memasok tenaga listrik untuk warga se-pulau. Terdapat pula pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), yang lebih dahulu dibangun dan beroperasi.

PLTS Pulau Sabira diresmikan pada November 2020, yang dibangun dan dioperasikan bekerja sama dengan PLN Disjaya. Pembangkit hybrid ini berkapasitas 400 kWp. Tenaga listrik yang dihasilkan memenuhi kebutuhan 600 keluarga.

BACA JUGA: Wujudkan Jakarta Bebas Emisi dan Polusi dengan Jakarta Solar City

Anies mengatakan, semenjak PLTS beroperasi, pemanfaatan pembangkit tenaga diesel berkurang hingga 50 persen. Warga akhirnya menikmati suplai listrik secara penuh sehari semalam, dari pembangkit energi bersih yang ramah lingkungan.

Dalam kesempatan itu, Anies kembali menegaskan bahwa suplai tenaga listrik kebutuhan dasar masyarakat yang harus terpenuhi.

"Lagi-lagi ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk memenuhi kebutuhan dasar warga. Jadi, tinggalnya boleh di pulau, tapi pelayanan dasarnya insya Allah diberikan sebaik-baiknya," tutur Anies. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button