Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

PLTS Pulau Sabira Segera Dioperasikan

PLTS Pulau Sabira Segera Dioperasikan
PLTS Sabira, Kepulauan Seribu (foto: tangkapan layar)

Listrik Indonesia | Terletak 100 kilometer di ujung Utara Teluk Jakarta, Pulau Sabira, Kepulauan Seribu akan segera mendulang energi matahari. Di tempat ini, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 400 kilowattpeak. 

Sejak dibangun pada awal Maret 2020, PLTS  yang dibangun di lahan seluas 5000 meter persegi baru mencapai 99 persen. Rencana, energi listrik yang dihasilkan bisa mencapai 1200 kilowatthour per hari. Terlebih, PLTS Offgrid ini menggunakan penyimpanan energi baterai kapasitas 912 kWh, sehingga bisa digunakan pada malam hari.

PLTS Sebira adalah satu dari beberapa proyek Energi Baru Terbarukan (EBT) yang terletak di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Proyek yang merupakan implementasi kerjasama antara PLN Distribusi Jakarta Raya, Pemerintah Daerah Jakarta serta PLN Enjiniring ini dikerjakan dalam waktu yang singkat dan akan beroperasi dalam kurun waktu dekat.

PLN Enjiniring sendiri berkontribusi dalam pekerjaan desain, persiapan dokumen lelang, lelang, finalisasi desain dan konstruksi PLTS. Dengan adanya PLTS ini diharapkan bisa  mengurangi penggunaan bahan bakar Diesel (PLTD) dan penambahan jam nyala listrik masyarakat sekitar pulau agar masyarakat mampu menikmati listrik PLN selama 24 jam.

Walaupun proyek dikerjakan ditengah pandemi, hal tersebut tidak melunturkan komitmen dan semangat PLN Enjiniring untuk memberikan yang terbaik dalam peningkatan rasio elektrifikasi di Indonesia.

Melalui proyek PLTS Sebira dan beberapa proyek PLTS lain yang tersebar di seluruh Indonesia, PLNE akan terus berkomitmen untuk menjadi perusahaan konsultan dan engineering yang terpercaya di Indonesia di bidang EBT terkhusus PLTS. (pin)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button