NEWS
Trending

PLTU Suralaya Sukses Majukan Mitra Binaan Hingga Diapresiasi Pemkot Cilegon

PLTU Suralaya Sukses Majukan Mitra Binaan Hingga Diapresiasi Pemkot Cilegon
Mitra Binaan PLTU Suralaya Diapresiasi Pemkot Cilegon

Listrik Indonesia | PT Indonesia Power melalui manajemen PLTU Suralaya sukses memajukan mitra binaan yang terampil, sehingga mendapatkan apresiasi berbentuk penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon.

Omah Kreteg dan Rumah Terampil merupakan UMKM yang dibina oleh manajemen PLTU Suralaya. Kegiatan Rumah Terampil ini awalnya dirintis untuk kegiatan warga disekitar PLTU Suralaya agar dapat memanfaatkan barang tak terpakai seperti limbah kertas dan plastik yang tak terpakai untuk diubah menjadi barang-barang yang bermanfaat untuk warga sendiri. Namun seiring berjalannya waktu, produk Rumah Terampil ini banyak yang meminatinya dan pada akhirnya dapat membantu perekonomian anggota kelompok Rumah Terampil yang pada akhirnya mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Cilegon.

Sama halnya seperti Rumah Terampil, Omah Kreteg yang mempunyai produk andalannya yaitu Sambel Kreteg khas Suralaya itu juga awalnya hanya untuk konsumsi terbatas, namun karena banyak diminati maka sekarang sudah banyak produksi dan kini anggota yang sebagian besar kaum wanita itu dapat terbantu secara finansial dari hasil penjualan Sambel Kreteg. Kini sambel kreteg olahan Omah Kreteg Anggana ini memiliki berbagai varian rasa yang dapat dinikmati oleh para pecinta sambel.

Salah satu produk dari mitra binaan PLTU Suralaya

Dari hasil binaanya, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Kecil Kota Cilegon memberikan penghargaan Entrepreneurs Award 2020 yang diselenggarakan Desember 2020. Untuk Omah Kreteg mendapatkan Penghargaan Juara 1 untuk kategori Kuliner Kecamatan Pulomerak Tahun 2020 serta Juara 3 Kategori Kuliner Kota Cilegon Tahun 2020, sedangkan untuk Rumah Terampil berhasil menyabet UMK Social Entrepreneurs Kota Cilegon 2020 dan juga Juara 1 untuk kategori Kerajinan Kecamatan Pulomerak Tahun 2020.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Kecil Kota Cilegon, Tatang Muftadi menyampaikan bahwa Penghargaan Entrepreneurs Kota Cilegon harus tetap dilaksanakan. "Meskipun saya tidak lagi berada di Dinas Koperasi, namun acara ini sangat bagus dan harus tetap dilaksanakan setiap tahun," ujarnya.

Tatang juga menegaskan bahwa Pemkot Cilegon akan berkomitmen untuk selalu mendukung serta memotivasi para Pelaku UMKM ini sampai dengan berhasil memasarkannya, ”Kita ingin memotivasi dan menghargai para pelaku UMKM untuk dapat lebih inovatif dan teliti dalam memasarkan produknya,” tambah Tatang. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button