Fossil Fuel ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Polisi Temukan Tindak Pidana Kebakaran Kilang Balongan

Polisi Temukan Tindak Pidana Kebakaran Kilang Balongan
Kebakaran kilang minyak PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat [Foto: wartabhineka.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Tim penyidik peristiwa kebakaran kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Jabar), menaikkan status kasus ini ke tingkat penyidikan.

Dengan demikian, polisi mengendus adanya tindak pidana atas amukan si jago merah di kilang minyak itu. Terdapat terdakwa yang akan digiring ke pengadilan. 

Kasus kebakaran kilang Balongan dinaikkan status usai penyidik melakukan gelar perkara pada 16 April lalu. 

“Hasil gelar perkara itu telah ditemukan adanya tindak pidana, sehingga perkara tersebut dinaikkan ke tahap penyidikan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia (Karo Penmas Divisi Humas Polri) Brigadir Jenderal Polisi Rusdi Hartono di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/4/2021).

BACA JUGA: Ombudsman Minta Pertamina Segera Ganti Rugi Ledakan Kilang Balongan

Kendati sudah naik kepenyidikan, kata Rusdi, pihaknya belum bisa menyimpulkan person yang akan ditetapkan menjadi terdakwa.

Namun berdasarkan pemeriksaan sejumlah saksi, ditemukan fakta bahwa ada faktor kesengajaan dalam kasus kebakaran kilang minyak Balongan. 

“Berdasarkan fakta dan barang bukti disimpulkan adanya kesalahan, adanya kealpaan, sehingga menimbulkan kebakaran,” ujarnya.

BACA JUGA: Terbakarnya Kilang Balongan, Pertamina Harus Waspada Mafia Impor BBM

Kilang minyak PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar, terbakar pada Senin dini hari WIB (29/3/2021). Seorang meninggal dunia dan beberapa orang mengalami luka berat.

Seorang korban luka bakar berinisial IA (17 tahun) meninggal dunia setelah menjalani perawatan 12 hari di rumah sakit.

Kilang minyak Balongan memiliki peran strategis dalam menjaga kestabilan pasokan bahan bakar minyak (BBM), terutama premium, pertamax, dan LPG yang disalurkan ke DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat. Wilayah ini merupakan sentra bisnis utama nasional dan pusat pemerintahan. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button