Profil Anak Perusahaan PLN, Lengkap dengan Alamatnya

Profil Anak Perusahaan PLN, Lengkap dengan Alamatnya

Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) satu-satunya yang memiliki kewenangan pengelolaan ketenagalistrikan. Guna memudahkan kerja perusahaan PLN didukung oleh beberapa anak perusahaannya.

PLN memiliki anak perusahaan. Di antaranya bergerak pada bidang pembangkitan, penyediaan tenaga listrik, jasa operation & maintenance, suplai energi, finansial, hingga jaringan telekomunikasi/internet.


Berikut anak perusahaan PLN seperti dilansir dari laman resminya.

1. PT PLN Indonesia Power 
PT PLN Indonesia Power yang dahulu dikenal sebagai PT Indonesia Power bergerak dalam bidang pembangkitan tenaga listrik, Operation & Maintenance dan usaha lain yang terkait. Berdiri pada 3 Oktober 1995 dengan nama PT PJB I dan pada tanggal 1 September 2000 berubah menjadi PT Indonesia Power. PT PLN Indonesia Power juga memiliki anak usaha antara lain;

- PT Cogindo Daya Bersama bergerak di bidang usaha cogeneration, distribute generation dan jasa operation & maintenance
- PT Artha Daya Coalindo bergerak di bidang usaha trading dan jasa transportasi batubara
- PT Indo Pusaka Berau dengan kegiatan usaha penyediaan listrik dari produksi PLTU Lati di Berau, Kaltim

Alamat: Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 18, Jakarta Selatan 12950, Indonesia Website: www.indonesiapower.co.id

2. PT PLN Nusantara Power

PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) kini telah berganti nama menjadi PT PLN Nusantara Power bergerak dalam bidang pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait. Berdiri tanggal 3 Oktober 1995 dengan nama PT PJB II dan pada tanggal 1 September 2000 berubah menjadi PT PJB. Anak perusahaan PT PJB yang bergerak di bidang operasi dan pemeliharaan, yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali Services yang berdomisili di Surabaya. Alamat: Jl. Ketintang Baru No. 11, Surabaya 60231, Indonesia Website: www.ptpjb.com.

3. PT PLN Energi Primer Indonesia

PLN Energi Primer Indonesia memiliki tiga anak usaha yaitu Coal Mining Company, Gas Midstream Company, dan Logistic Coal Company. Subholding ini akan mengamankan pasokan energi primer untuk memproduksi listrik hingga 280 ribu Gigawatt Hour (GWh) per tahun. PT PLN Energi Primer Indonesia beralamat di Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.10, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740.

4. PT Indonesia Comnets Plus (PT Icon+)
Berdiri tanggal 3 Oktober 2000, anak usaha PLN yang satu ini bergerak dalam bidang usaha telekomunikasi. Alamat: Kawasan PLN Cawang Jl. Mayjend. Sutoyo No. 1, Cililitan, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia 13640 Website: www.iconpln.co.id

5. PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PT PLN Batam)/Batam Bright
Berdiri tanggal 3 Oktober 2000 dan bergerak dalam usaha penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum di wilayah Pulau Batam. Alamat: Jl. Engku Putri No.3, Batam Center, Batam 29432, Indonesia Website: www.plnbatam.com

6. PT PLN Tarakan
PT Pelayanan Listrik Nasional Tarakan (PT PLN Tarakan) adalah salah satu Anak Perusahaan PT PLN (Persero) berkedudukan di Tarakan, dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Direksi PT PLN (Persero) No. 258-1/010/DIR/2003 tanggal 17 Oktober 2003 dan disahkan berdasarkan Akta Notaris H Haryanto SH, MBA No. 18 tanggal 15 Desember 2003. Sebelum berubah status menjadi Anak Perusahaan, PT PLN Tarakan berada di bawah struktur organisasi PT. PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur yang berkedudukan di Banjar Baru.

Sejak 15 Desember 2013 s.d Tahun 2016 PLN-T mengelola kelistrikan di Pulau Tarakan secara terintegrasi meliputi : Penyediaan Energi Primer (Gas Alam & HSD), Pembangkitan Energi Listrik (PLTD, PLTMG, PLTG dan PLTU), Pendistribusian Energi Listrik (Tegangan Menengah/TM 20 kV dan Tegangan Rendah/TR 220 Volt), dan Pelayanan Pelanggan. Sejak 01 Januari 2017, PLN-T berubah bisnisnya menjadi penyedia Jasa Operasi dan Pemeliharaan Transmisi, Distribusi, Pembangkitan dan Kawasan Industri.

7. PT PLN Batubara
PT PLN Batubara didirikan tanggal 11 Agustus 2008 dan merupakan anak perusahaan yang bergerak di bidang usaha tambang batubara sebagai bahan utama dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Alamat: Jl. Warung Buncit Raya No. 10 Kelurahan Kalibata Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan 12740 Website: plnbatubara.co.id

8. PT PLN Gas & Geothermal
PT PLN Gas & Geothermal adalah anak perusahaan PT PLN (Persero), yang keberadaannya memiliki Visi menjadi perusahaan terkemuka dalam pengelolaan infrastruktur gas dan geothermal dengan pengoperasian ekselen di indonesia. Pada Awal Berdirinya PT PLN Gas & Geothermal bernama PT Pengembang Listrik Nasional Geothermal (PT PLN Geothermal).

PT PLN Geothermal didirikan berdasarkan akta No. 10 tanggal 28 Januari 2009 dari Lenny Janis Iskak, SH dan disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam surat keputusan No. AHU-11269.AH.01.01 tanggal 16 April 2009. Pada Tahun 2013 dilakukan penghentian operasional perseroan, berdasarkan keputusan Pemegang Saham Perseroan secara sirkuler tanggal 7 Mei 2013 tentang penghentian operasional perseoan.

Pengaktifan kembali operasional Perseroan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) secara sirkuler tanggal 10 Juli 2017. Sesuai amanat RUPS tanggal 10 Juli 2017 tersebut dilakukan penyesuaian Anggaran Dasar dan nama perseroan menjadi PT Pengembang Listrik Nasional Gas dan Geothermal (“PLN GG”) dengan akta No. 73 tanggal 31 Juli 2017 dari M. Hanafi, SH. dan disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No. AHU-0017016.AH.01.02. tahun 2017 serta penambahan lingkup usaha, yaitu pengelolaan gas beserta infrastrukturnya yang berkaitan dengan midstream gas dari sebelumnya hanya meliputi pengembangan dan peningkatan kapasitas pengelolaan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP). Alamat : Gedung PLN Lt. 3, Jl. Gatot Subroto Kav. 18, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan. Website : www.plngg.com

9. PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (PLN-E)
Berdiri pada 3 Oktober 2002, PLN-E adalah anak perusahaan PLN yang bergerak pada bidang konsultan teknik (engineering consultancy). Alamat: Menara Enjiniring, Jl. Ciputat Raya no. 123, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12310, Indonesia.
Website: www.plne.co.id

10. Majapahit Holding BV
Majapahit Holding BV didirikan tanggal 3 Oktober 2006 dan merupakan suatu lembaga keuangan yang berkedudukan di Amsterdam, Belanda. Alamat: Herengracht 450, 1017 CA Amsterdam, The Netherlands

11. PT Haleyora Power (HP)
PT Haleyora Power (HP) yang berdiri pada 18 Oktober 2011 ditugaskan PLN untuk melaksanakan pengamanan layanan Operasi dan Pemeliharaan (Ophar) Transmisi dan Distribusi Tenaga Listrik berdasarkan Keputusan Direksi PT PLN (Persero) Nomor 459.K/DIR/2012 tanggal 12 September 2012, yang kemudian diganti oleh Peraturan Direksi PT PLN (Persero) Nomor 0734.K/DIR/2013.
Alamat: Kindo Square, Blok A15-16, JL. Duren Tiga Raya No.101, Duren Tiga, Jakarta Selatan, 12760

12. PT Pelayaran BAhtera Adhiguna
Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi batu bara. Pada Mei 2011, Menteri BUMN mengeluarkan keputusan pengalihan modal saham Republik Indonesia kepada PT Pelayaran Bahtera Adhiguna menjadi Perusahaan Perseroan PT PLN (Persero). Pada Agustus 2011, ditandatangani pengalihan hak atas saham tersebut.

Alamat: Jl. Kalibesar Timur No. 10-12, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110, Indonesia Website: www.bahteradhiguna.co.id

13. PT Energy Management Indonesia (PT EMI)
Bergerak dalam bidang Konservasi Energi dan Lingkungan serta Energi Terbarukan dan usaha lain yang terkait. Berdiri tanggal 28 Januari 1987 dengan nama PT Konservasi Energi Abadi (KONEBA) dan di tahun 1993 berubah status menjadi BUMN melalui PP No.2 tahun 1993 dengan penyertaan Pemerintah RI sebesar 100%. Pada tanggal 12 Oktober 2006, berubah nama menjadi PT Energy Management Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan nama PT EMI.

Melalui PP No.65 Tahun 2021 tanggal 4 Mei 2021 yang ditindaklanjuti dengan penerbitan Akta Penyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa nomor 34 tanggal 7 September 2021 dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor: AHU-AH.01.03-0446464.Tahun 2021 dan Nomor: AHU-AH,01,03-0446463.Tahun 2021 tanggal 9 September 2021, status PT EMI berubah dari sebelumnya yang merupakan BUMN menjadi Anak Perusahaan PT PLN (Persero). ). Masuknya PT EMI menjadi bagian dari PT PLN (Persero) akan mengakselerasi program transformasi green & clean energy yang sudah berjalan di lingkungan PT PLN (Persero) dan menambah portfolio perseroan. Dengan kompetensi inti yang dimiliki, ruang lingkup usaha PT EMI akan terus dikembangkan bersama PT PLN (Persero) dan para pemangku kepentingan lainnya guna memberikan nilai tambah bagi negara dan bangsa khususnya dalam rangka mempercepat program dekarbonisasi, penerapan ekonomi hijau (green economy) di sektor energi terbarukan khususnya biomassa (bio-energy) untuk co-firing dan konversi PLTD, penerapan circular economy antara lain pengelolaan dan pemanfaatan FABA, water/waste water treatment, waste heat recovery, pemanfaatan limbah pertanian dan kehutanan untuk bahan baku biomassa, serta konservasi sumber daya alam lainnya.

Anak perusahaan PT EMI yaitu PT Energi Biomasa Indonesia (PT EBI) yang bergerak dalam bidang industri bahan baku pembangkit energi baru dan terbarukan (khususnya dalam bidang bioenergi termasuk limbahnya) dan industri proses pengolahan hasil laut (termasuk limbahnya)

Alamat : Gedung Graha Pura Lantai 3, Jl. Pancoran Indah I No.52, Pancoran, Jakarta Selatan 12780. Website : www.emipersero.co.id

14. PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (PT MCTN)
PT MCTN berdiri sejak tahun 1998 dengan memiliki aset Pembangkit North Duri Cogeneration (NDC) yang mulai beroperasi pada tahun 2000. Pada awalnya MCTN dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik dan uap di lapangan minyak Duri. PT MCTN diakuisisi oleh PT PLN (Persero) pada tanggal 6 Agustus 2021. Sebagai anak perusahaan baru dibawah PT PLN (Persero), PT MCTN mendapatkan mandat untuk mengembangkan bisnis kelistrikan terutama untuk menjawab tantangan dan pemenuhan kebutuhan listrik di sektor Minyak dan Gas.?

Guna mendukung visi dan misi Perusahaan, MCTN akan mengambil peluang bisnis ketenagalistrikan di industri minyak dan gas serta mengembangkan captive power dan energi terbarukan sejalan dengan target PLN sebagai induk perusahaan untuk mengejar target Net Zero Emission pada 2060.?

Alamat: Menara Enjiniring Lantai 9, Jln. Ciputat Raya No.123, RT.1/RW.8, Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12310
Website: mctn.co.id/homepage

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index