NEWS
Trending

Program Konversi PLTD Bakal Buka Peluang Tender

Program Konversi PLTD Bakal Buka Peluang Tender
Listrik Indonesia  | Program PT PLN (Persero) konversi pembangkit listrik tenaga diesel PLTD menjadi pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT) membutuhkan mitra badan usaha swasta.

Direktur Mega Proyek PLN, Ikhsan Asaad dalam acara Virtual The 9th Indonesia EBTKE ConEx 2020, Senin (23/11/2020). Ia mengatakan, bahwa saat ini perseroan tengah menyiapkan proses lelang dan diperkirakan lelang akan dibuka pada awal tahun depan. Karena itu, kami buka peluang kerja sama dengan independent power producer (IPP) swasta.

PLN berencana mengonversi 5.200 unit pembangkit dieselnya yang tersebar di 2.130 lokasi di seluruh Indonesia dengan EBT. Total pembangkit yang dikonversi mencapai 2 gigawatt (GW). Program konversi ini menjadi program prioritas perseroan dalam mengakselerasi pemanfaatan EBT.

Adapun proses konversi akan dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama PLN akan mengkonversi sebanyak 200 lokasi PLTD dengan kapasitas 225 MW. Pada tahap kedua konversi PLTD dengan kapasitas 500 MW, dan tahap ketiga dengan kapasitas 1.300 MW.

Lebih lanjut, ia menuturkan, selama ini penggunaan PLTD memakan biaya produksi yang sangat tinggi. Dengan mengonversi PLTD nantinya diharapkan dapat mengurangi biaya pokok penyediaan (BPP) listrik PLN, sekaligus membantu mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM).

"Masih banyak daerah nyala listrik hanya 6-12 jam. Jadi ini yang perlu kami akselerasi dan jadi prioritas. Selain mengurangi BPP PLN, mengurangi impor BBM, bisa membuat ekonomi masyarakat tumbuh,” pungkasnya.



 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button