Trending

Program Langit Biru dengan BBM Ramah Lingkungan

Program Langit Biru dengan BBM Ramah Lingkungan
Dok. Isimewa

Listrik Indonesia | Guna mewujudkan program langit biru di Indonesia, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) berkolaborasi dengan KBR mengadakan Talkshow dan Webinar secara virtual dalam rangka program Kampanye Publik untuk Mendorong Penggunaan BBM Ramah Lingkungan pada Kamis (11/2).

 

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI, membawakan materi dengan judul Menuju Transformasi Penggunaan BBM Ramah Lingkungan. Menurut Tulus acara ini merupakan bentuk konkret YLKI bergandengan tangan dengan pemerintah, masyarakat, operator (Pertamina) yang memiliki visi yang sama untuk secara konsisten mewujudkan dan menggunakan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang ramah lingkungan.

 

Adapun latar belakangnya ialah melihat fenomena perubahan iklim global (Global Climate Change) yang bisa mewujudkan berbagai krisis. Menyikapi hal ini, pada November 2015 lalu, Presiden Jokowi telah menandatangani Paris Protocol, terkait kesanggupannya mereduksi emisi gas karbon antara 29-40 persen pada 2050. Pemerintah Indonesia sudah menggagas kebijakan yang spiritnya sama, yaitu kebijakan Program Langit Biru.

 

Untuk mewujudkan program langit biru dan juga mereduksi gas karbon sebagaimana janji Presiden Jokowi pada Protokol Paris (2015), maka mau tidak mau target untuk mewujudkan jenis BBM ramah lingkungan (berstandar Euro 2) menjadi suatu keharusan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Sales Area Manager Retail Wilayah Jakarta Bogor Depok Fande Kusmiyanto memaparkan, saat ini Pertamina telah menyediakan BBM dengan kualitas lebih baik dan ramah lingkungan yang siap dikonsumsi oleh masyarakat seluruh Indonesia.

 

"Pertamina secara aktif melakukan edukasi bagi konsumen mengenai BBM ramah lingkungan dan memberikan experience  mengkonsumsi BBM dengan kualitas lebih baik melalui program langit biru,” tutur Fande.

 

Nadine Chandrawinata sebagai perwakilan dari influencer dan anak muda sangat mendukung upaya pemerintah dan Pertamina dalam program penggunaan BBM ramah lingkungan. “Harus didukung dan ini merupakan big step yang memerlukan kolaborasi dalam menjalankannya. Agar masyarakat bisa teredukasi dalam menggunakan BBM yang ramah lingkungan, “ ucapnya.

 

Melalui kolaborasi dan keterlibatan berbagai pihak dalam program langit biru dapat diwujudkan dengan lebih baik lagi. (TS)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button