AGENDA NEWS
Trending

Proyek TMSR500 Ditarget 2022 Bisa Fabrikasi

Proyek TMSR500 Ditarget 2022 Bisa Fabrikasi
Ilustrasi Desain TMSR500

Listrik Indonesia | Proyek Thorium Molten Salt Reactor 500MW (TMSR500) Power Plant dan Test Bed Platform yang dibuat PT PAL Indonesia (Persero) atau PT PAL ditarget bisa fabrikasi pada tahun 2022.

TMSR500 Power Plant atau reaktor desain pembangkit PLTT  dan Test Bed Platform merupakan proyek Thorcon International, perusahaan asal Amerika Serikat yang dibuat oleh PT PAL. PLTT akan dibangun dengan menggunakan model desain struktur Kapal dengan panjang 174 meter dan lebar 66 meter yang merupakan galangan kapal nomor dua terbesar di dunia dan proyek PLTT pertama di Indonesia.

Direktur Rekayasa Umum, Pemeliharaan & Perbaikan PT PAL, Sutrisno membeberkan proyek ini memasuki progress yang baik, dengan target pada Kuartal 3 atau 4 tahun 2021 bisa dimulai rencana pembuatan Test Bed Platform.

“Progres proyek ini semakin nyata dan bagus dengan melalui tahapan yang ada,” ujar Sutrisno kepada. listrikindonesia.com Rabu, (6/1/2021).

Menurutnya, dibangunya TMSR500 sebagai upaya untuk memenuhi bauran energi terbarukan sesuai target pemerintah dan kemandirian energy nasional, di mana dukungan dari pemerintah semakin jelas. Sehingga proyek ini semakin optimis untuk segera terselesaikan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, setelah fabrikasi Test Bed Platform, kemudian dilakukan serangkaian pengujian oleh Bapeten dan Otorits Nuklir. Lalu untuk fabrikasi power plant/pembangkit diperkirakan pada tahun 2022. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button