Fossil Fuel ENERGY PRIMER NEWS
Trending

PSN Jambaran dan Tangguh Train III Beroperasi Akhir 2021

PSN Jambaran dan Tangguh Train III Beroperasi Akhir 2021
Aktivitas pengerjaan konstruksi Proyek Tangguh Train III di Papua [Foto: kumparan.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di bawah koordinasi SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi) telah melakukan 76 pemboran sumur pengembangan sepanjang kuartal I 2021.

Di samping itu, dilakukan 143 workover dan 5.478 well service. Sementara target sepanjang 2021, yakni 616 pemboran sumur pengembangan, 615 workover dan 26.431 well service

SKK Migas juga menargetkan 14 proyek migas akan onstream pada tahun ini, dua di antaranya proyek strategis nasional (PSN): Proyek Jambaran Tiung Biru dan Tangguh Train III --keduanya dijadwalkan onstream atau beroperasi alias berproduksi pada kuartal-IV 2021. 

Sebelumnya, perampungan konstruksi kedua PSN ramai diperbincangkan  bakal molor hingga 2022. Padahal target pemerintah di penghujung 2021.

BACA JUGA: BP Indonesia Tambah 4 Miliar Dolar di Tangguh Papua

“Progres proyek menunjukkan hasil yang baik, sehingga kami berharap penambahan produksi dapat direalisasi tepat waktu. Pada Januari-Maret, telah ada empat proyek yang onstream dan menghasilkan penambahan produksi minyak sebesar 5.850 BOPD dan gas sebesar 69.5 MMSCFD,” papar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Ditambahkan, guna memastikan penggantian cadangan yang telah diproduksikan, SKK Migas menargetkan pada 2021 dapat memproses persetujuan 39 plan of development (POD) yang diajukan KKKS. 

Sesuai rencana, pada kuartal I telah disetujui lima POD dan menghasilkan tambahan cadangan migas sebesar 34,37 juta BOE. 

Persetujuan POD lainnya sedang diproses. Sebanyak 13 lapangan membutuhkan insentif. Berdasarkan perhitungan SKK Migas, pemberian insentif akan memberikan penambahan potensi cadangan sebesar 1.576,6 juta BOE, sehingga negara berpeluang mendapatkan tambahan produksi dan penerimaan.

Dwi merinci untuk menambah cadangan dalam jangka menengah dan panjang, SKK Migas pada 2021 mendorong KKKS melakukan serangkaian kegiatan eksplorasi, antara lain melakukan survei seismik 2D sepanjang 7,326 km dan 3D seluas 6,777 km2, serta pemboran 43 sumur eksplorasi. 

Realisasi kegiatan pada kuartal-I, survei seismik 2D telah mencapai 1,565 km; survei seismik 3D telah mencapai 265 km2, sedang pemboran eksplorasi telah terealisasi lima sumur. Salah satu sumur yang menunjukkan hasil bagus adalah penemuan sumur Hidayah-1 yang saat ini sedang dalam proses evaluasi lanjutan.

BACA JUGA: Agar Proyek Masuk RUPTL Harus Melalui Feasibility Study

Pada 2021, SKK Migas juga mengawal agar pelaksanaan komitmen pasti Wilayah Kerja (WK) Jambi Merang terus berjalan. 

Pada 2020, WK tersebut merealisasi survei seismik 2D di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur maka pada tahun ini WK dimaksud melakukan survei dan processing data yang diperoleh dari kegiatan tahun lalu, serta melakukan surveifull tensor gravity gradiometri di area Bintuni dan Akimeugah (keduanya di Papua, kegiatan akan dilakukan pada April 2021). 

Selain itu juga akan dilakukan survei seismik 2D vibroseis di Pulau Jawa sepanjang 1000 km yang didesain pertama kali khusus untuk eksplorasi potensi subvulcanic di Pulau Jawa. 

“Pada November 2021, hasil reprocessing seismik 2D Jambi Merang yang diselesaikan tahun lalu juga akan tersedia untuk investor,” tandas Dwi. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button