NEWS
Trending

PT ELESKA IATKI Dorong Peningkatan Kualitas SDM Ketenagalistrikan Lewat Sertifikasi

Listrik Indonesia | Seiring pertumbuhan sector ketenagalistrikan, maka dibutuhkan tenaga ahli yang berkompeten. PT ELESKA IATKI terus mendorong peningkatan kualitas tenaga ahli/SDM ketenagalistrikan lewat sertifikasi Kompetensi.


Direktur PT. Eleska IATKI, Ir Hendarman Suhendro mengatakan, seiring bertumbuhnya industri ketenagalistrikan, maka banyak tenaga ahli yang dibutuhkan. Disamping itu, dalam bekerja di objek vital nasional seperti Kelistrikan diwajibkan tenaga ahli yang mumpuni yang tersertifikasi.


Karena itu, Eleska IATKI dalam hal ini menjalankan amanat Pasal 44 ayat 6 Undang-Undang (UU) Nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan yang mewajibkan setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi.




"Kita sebagai Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) turut mendorong kualitas tenaga ahli di bidang ketenagalistrikan khususnya bidang Pembangkitan, Distribusi, Transmisi dan Instalasi Pemanfatan Tenaga Listrik (IPTL) ujar Hendarman di Kantor Sekretariatnya, Bandung. Rabu, (22/6/2022). 

“Sejak berdirinya Ikatan Akhli Teknik Tenaga Listrik (IATKI) pada tahun 2000 yang merupakan embrio dari Lembaga Sertifikasi kompetensi(LSK) adalah merupakan LSK PIONIR di Indonesia dan pada saat itu bersama dengan PLN dan stakeholder lainnya telah berhasil menyusun Standar Kompetensi Personil (SKP) sebanyak 1000 Unit Kompetensi. 

Sejak didirikan kita sudah diminta PLN untuk mensertifikasi tenaga teknik dilingkungannya dan terus berpartisipasi aktif dalam kaji ulang, revisi dan rencana menyusun Standart Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKTTK) baru bersama Dirjen Ketenagalistrikan dan stakeholder lainnya, demikian pula dalam memberi masukan dalam penyusunan regulasi," tuturnya.


Sejauh ini PT. Eleska IATKI telah mengeluarkan 30.000 lebih sertifikat kompetensi dan menjadi LSK terbanyak dalam mengeluarkan sertifikat sejak tahun 2019 hingga 2022.


Sudah tiga tahun berturut-turut (2018-20219;2019-2020 dan  2020-2021) kita meperoleh Penghargaan Kinerja EMAS Terbaik dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral pungkasnya.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button