Trending

PT Medco Power Indonesia Ekspansi Bisnis Ekosistem Kendaraan Listrik

PT Medco Power Indonesia Ekspansi Bisnis Ekosistem Kendaraan Listrik
Dok. Istimewa

Listrik Indonesia | PT Medco Power Indonesia (MPI), salah satu perusahaan penyedia listrik nasional, melakukan ekspansi bisnis di ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV), yang ditandai dengan peluncuran secara virtual Medco Power Electric Vehicle Ecosystem, Jumat (5/2/2021). Acara yang dibuka oleh Eka Saria, President Director PT Medco Power Indonesia, dihadiri oleh Wanhar (Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM), M Ikhsan Asaad (Direktur Mega Project PLN), Hilmi Panigoro, (President Director of PT Medco Energi Internasional Tb); Neneng Goenadi (Managing Director PT Grab Indonesia), Budi Pangestu (Dirut PT Bright PLN Batam), Arief Ariyana (SEV President Corporate Banking Group PT Bank Mandiri), Midian Samosir (Vice President PT Bank Mandiri), dan Pinohadi G Sumardi (Direktur Utama PT Mandiri Tunas Finance).

 

Dalam sambutannya, President Director PT Medco Power Indonesia Eka Satria, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan ikut berpartisipasi dalam acara peluncuran secara virtual Medco Power Electric Vehicle Ecosystem . “Acara ini merupakan langkah awal bagi MPI dalam program ekspansi bisnis di sektor kendaraan listrik atau electric vehicle. Sebagai pilot project, kami telah memasang charging station atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang berlokasi di gedung The Energy, SCBD, Jakarta. SPKLU ini diharapkan dapat dimanfaatkan para pemilik kendaraan listrik untuk mengisi baterai kendaraan listriknya,” jelas dia.

 

Eka melanjutkan, pada Juni 2020, MPI sudah menandatangani nota kesepahaman bersama PT PLN (Persero) dan Grab Indonesia, yang bertujuan mengembangkan bisnis SPKLU. “Kami melihat bisnis ini dapat menjadi salah satu kontribusi yang nyata sebagai bagian dari Medco Energy untuk mendukung Indonesia dalam menyosongsong transisi energi global saat ini,” kata dia.

 

Di sisi lain, pengembangan bisnis ekosistem EV merupakan salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah, kementerian, dan PLN untuk program mengakselerasi pertumbuhan EV dan energi baru terbarukan di Indonesia. “Rencana hari ini kami akan menandatangi nota kesepahaman dengan Bank Mandiri dan tiga anak perusahaan Medco lainnya. Dengan harapan kami dapat mendorong adopsi teknologi yang lebih cepat di Indonesia,” jelas dia.

 

Dalam bisnis ini, menurut Eka, MPI tidak hanya menyediakan SPKLU tetapi juga menyediakan solusi one-stop, termasuk di dalamnya kendaraannya dan system manajemen EV. “Tentunya kami juga mengembangkan ekspansinya ke depan. Kebetulan, kami memiliki daerah operasi di Batam dan Bali, pararel dengan pengembangan PLTS yang akan dibangun di Bali 2X25 MW dan juga di Sumbawa 1X26 MW yang saat ini sedang dibangun,” ucap dia.

 

Medco Power Indonesia sendiri mencoba membangun ekosistem di Indonesia salah satu bentuknya solusi yang dimulai dari end to end seperti SPKLU, charging station, dan kemudian perawatan. "Untuk permulaan kami akan fokus ke energy building yang di dalamnya tersedia stasiun pengisian listrik. Kami juga nanti akan menawarkan solusi dalam bentuk kendaraannya dan perawatannya sehingga menciptakan ekosistem keseluruhan," ujarnya.

 

Saat ini Medco Power Indonesia memiliki platform untuk energi bersih dan geothermal dan saat ini ada beberapa proyek. "Proyek tersebut seperti pengembangan geothermal kemudian solar panel, pembangkit listrik tenaga surya ada 2 proyek yakni di Pulau Bali dan Sumbawa merupakan pembangkit tenaga surya untuk kepentingan mining. Ke depannya kami akan terus mengembangkan listrik berbasis ramah lingkungan,” pungkas Eka. (TS)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button