AGENDA NEWS
Trending

PT Pelayaran Bahtera Adhiguna Lakukan Tindakan Nyata Menjaga Kelestarian Hidup

Listrik Indonesia | Menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg) melakukan program kegiatan CSR (Corporate Social Reponsibility) berupa penanaman pohon  mangrove di Lokasi Taman Wisata Muara Angke Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (29/11). Hal ini juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia.

Acara yang dihadiri oleh jajaran Direksi dan manajemen PT BAg tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian, memberikan nilai tambah dan perbaikan lingkungan untuk dampak panjang bagi generasi mendatang.

“PT Pelayaran Bahtera Adhiguna sebagai bagian dari ekosistem PLN Group yang bergerak di bidang pelayaran dan transportasi energi primer menyadari bahwa kepedulian terhadap lingkungan merupakan elemen penting dari ISM (International Safety management) Code yang berlaku dalam dunia  pelayaran”, ungkap Capt Fauzan, selaku PLT Direktur Utama PT BAg.

Penanaman pohon mangrove rutin dilakukan oleh PT BAg setiap tahunnya. Hal ini untuk menjaga keberlangsungan ekosistem dan mencegah kerusakan lingkungan di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ditanamnya pohon mangrove ini maka akan mencegah abrasi air laut dan melindungi tepi pantai dari gempuran ombak, selain itu erosi akibat abrasi juga dapat dicegah. Hutan mangrove juga dapat mengurangi efek pemanasan global karena dapat membendung panas angin laut yang datang ke daratan

Hal tersebut jugalah yang membuat BAg memilih jenis pohon ini untuk ditumbuhkembangkan, pohon mangrove juga menyediakan banyak efek domino terhadap peningkatan keanekaragaman Hayati di wilayah utara Jakarta, seperti kepiting bakau, beragam jenis ikan, serangga, dan juga hewan-hewan yang mengonsumsi biji atau buah mangrove. Sementara itu, kawasan penanaman mangrove yang sudah terbentuk dengan baik dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian bagi warga sekitar, tidak hanya dari pengelolaan hasil pohon mangrove berupa produk-produk kuliner dan kerajinan, tetapi juga dapat menjadikan kawasan agrowisata ini menjadi lebih berkembang.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button