NEWS
Trending

Pulihkan Sistem Kelistrikan di Palu, PLN: Saat Ini Baru 20%

Pulihkan Sistem Kelistrikan di Palu, PLN: Saat Ini Baru 20%
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) mengungkapkan kondisi kelistrikan di kota Palu, Sulawesi Tengah saat ini masih dalam tahap pemulihan. Pasca bencana alam gempa dan tsunami yang melanda wilayah Palu dan sekitarnya, kondisi kelistrikan baru pulih sekitar 20%.

Menurut, Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman, rendahnya pemulihan tersebut karena adanya masalah pada Interbus Transformer, yakni sebuah travo untuk menyesuaikan aliran listrik.

"Masih 20% recovery (pemulihan). Kendalanya sekarang di trafo, ada yang 150 kiloVolt (kV) dan 70 (kV), itu yang bermasalah," ungkap Syofvi kemarin saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, (03/10).

Ia menjelaskan, untuk trafo yang 150 kV maaih dapat dikatakan aman, namun untuk trafo yang 70 kV yang terpasang di gardu induk itu tidak aman.

Syofvi belum dapat merinci berapa lama waktu yang diperlukan untuk pemulihan akibat bencana alam tersebut. Meski demikian, BUMN Listrik ini telah menyiapkan Interbus Transformer dari Jakarta.

Selain itu, lanjutnya, guna mendorong pasokan listrik sementara, pihaknya juga mengirim sebanyak 90 genset. "Minimal bisa nyala dulu lah. Sementara pakai genset," imbuhnya.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Nasional, jumlah korban yang dalam bencana alam gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah tercatat sebanyak 1.234 jiwa. Untuk itu baik sektor swasta maupun sektor pemerintahan diharap dapat saling bersinergi dalam membantu korban bencana alam tersebut. (RG)

 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button